Empat Penyebab Meningkatnya Perburuan Talent

Perburuan dan perebutan talenta-talenta korporasi terbaik semakin kentara. Bukan hanya terjadi di sektor perbankan dan pertambangan saja, tetapi sudah merambah ke semua sektor industri. Dampaknya, perusahaan kekurangan karyawan berkualitas untuk menduduki kursi strategis. Victor Dumitrescu, Country Manager Pedersen & Partners Indonesia, menguraikan empat faktor penyebab meningkatnya perburuan talent.

Victor Dumitrescu,, Country Manager Pedersen & Partners Indonesia

Faktor pertama adalah pertumbuhan bisnis di Tanah Air yang mengalami grafik peningkatan. Hal itu ditandai dari semakin banyaknya investasi asing yang masuk ke Indonesia. Banyak perusahaan raksasa dunia yang mulai melirik Indonesia sebagai medan baru untuk berbisnis.

Kedua, adanya peralihan fungsi keuangan. Sebagai contoh, akuntansi klasik dan model pelaporan ke arah yang lebih canggih sehingga mempermudah operasionalisasi dan pembukuan. “Controlling, Management Accounting, etc. and these require a different skills set and a more holistic understanding of the business,” ujar Victor.

Penyebab lainnya menurut Victor adalah keinginan perusahaan lokal yang ingin bertransformasi ke perusahaan yang lebih modern. Artinya, untuk mencapai standar internasional, semakin banyak perusahaan lokal yang merubah tata cara pengelolaannya karena memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang terdaftar dalam bursa saham internasional. “Hal ini membutuhkan keuangan yang harus disusun berdasarkan standar IFRS dan transparansi,” Victor menguraikan.

Keempat, tidak seimbangnya antara permintaan (demand) dan pasokan (supply) sumber daya manusia yang sesuai dengan standar masing-masing industri. Kondisi tersebut semakin diperparah karena sulitnya menemukan bibit dari internal perusahaan atau kaderisasi.

Soal rasio kompensasi, ia menjelaskan, saat ini tidak ada banyak perbedaan antara perusahaan multinasional dan lokal khusunya dalam hal gaji. Menurutnya, dalam beberapa kasus, perusahaan lokal berusaha memprofesionalkan lingkungan kerja mereka, bersedia membayar lebih tinggi dari multinasional dalam rangka untuk menarik profesional andal. (EVA)

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)