Management Strategy

Garuda Kembangkan IT Berbasis Cloud Computing

Garuda Kembangkan IT Berbasis Cloud Computing

Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk mengaplikasikan informasi dan teknologi (IT) berbasis komputasi awan (cloud computing) dalam kegiatan pengelolaan perusahaan. Implementasi IT tersebut merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan layanannya, khususnya percepatan dan kemudahan layanan kepada para pengguna jasa.

Penggunaan internet berbasis cloud computing akan memberikan benefit bagi Garuda khususnya meningkatkan kapasitas penyimpanan data perusahaan tanpa harus mengeluarkan tambahan biaya untuk investasi pembelian peralatan tambahan. Data juga dapat diakses secara real time kapan pun dan di mana pun oleh karyawan karena terkoneksi dengan internet. Selain itu, data juga lebih terjamin keamanannya apabila disimpan secara on cloud. Keamanan data perusahaan terlindungi khususnya ketika terjadi bencana alam.

“Sebagai maskapai global player yang tergabung dalam aliansi SkyTeam, menjadi keharusan bagi Garuda untuk mengadopsi teknologi IT terdepan dengan standar global untuk menjamin Garuda connected dengan jaringan maskapai mitra dan teknologi dunia khususnya Industri penerbangan,” kata Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Garuda Iwan Joeniarto dalam rilisnya.

garuda

Penggunaan cloud computing bila ditinjau dari volume bisnis, sangat bermanfaat dalam upaya pengembangan perusahaan, serta untuk menjadikan kegiatan perusahaan lebih efisien namun berstandar global. Implementasi IT ini juga bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan layanan khususnya percepatan dan kemudahan layanan untuk para pengguna jasa. Cloud computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama. “Garuda menjadi salah satu BUMN pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi terbaru ini,” katanya.

Contoh penggunaan IT berbasis cloud computing di Garuda dilaksanakan dalam pemenuhan kebutuhan operasional di lingkungan kerja perusahaan, baik di kantor pusat maupun di lebih dari 76 kantor cabang di dalam dan luar negeri. Implementasi teknologi ini telah memberi manfaat berupa penghematan waktu kerja sehingga meningkatkan produktivitas karyawan, dan meningkatkan fleksibilitas dalam mengakses data khususnya bagi lebih dari 3.500 awak pesawat Garuda yang sangat mobile dan tersebar di seluruh dunia. “Ini akan meningkatkan efisiensi pola kerja ke tingkat yang yang lebih baik. Selain itu, hal ini juga akan mendukung upaya Garuda untuk meningkatkan efisiensi sekaligus kualitaslayanan,” ujarnya.

Lewat kerjasama dengan beberapa perusahaan penyedia IT, Garuda telah memanfaatkan layanan data on cloud dalam berbagai aspek operasional perusahaan antara lain layanan passenger service system (PSS) khususnya reservasi, check-in, Garuda Miles (frequent flyer), keuangan, dan layanan penjadwalan dan rotasi seluruh pesawat dan awak pesawat Garuda.

Saat ini, Garuda Indonesia Group mengoperasikan 169 pesawat yang menerbangi 76 rute domestik dan internasional dengan lebih dari 600 frekuensi penerbangan setiap harinya. Sebagai anggota aliansi SkyTeam, Garuda Indonesia juga terhubung dengan sistem 19 maskapai anggota lainnya yang dapat melayani penumpang untuk terbang ke lebih dari 1.052 destinasi di 177 negara.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved