Hingga April 2012, Honda Hanya Bisa Jual Freed dan Odyssey

Hingga April 2012, PT Honda Prospect Motor (PT HPM) hanya bisa bergantung pada penjualan Freed dan Odyssey. Ini dinyatakan oleh Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM.

Honda Prospect Motor“Hingga April kita hanya bisa supply Freed dan Odissey saja,” ungkap Jonfis. Hal ini, lanjutnya, diakibatkan oleh dampak banjir Thailand di mana proses pemulihannya masih belum seratus persen. Ia mengharapkan, pada semester dua tahun ini beberapa line-up mobil lainnya sudah bisa digenjot penjualannya.

Jonfis mengatakan, sejak Desember tahun lalu, pihaknya tidak bisa memproduksi mobil selain Freed. Freed bisa diproduksi di Indonesia, jelasnya, karena Indonesia merupakan negara pertama di mana pihak prinsipal mobil Honda di Jepang membuat perusahaan induk kedua yang pertama di luar Jepang yang berpengaruh terhadap penyediaan komponen.

“Komponennya memang banyak berada di Indonesia, sebagian kecil di Thailand. Sehingga ketika terjadi banjir di Thailand, part itu bisa dipindahkan ke Jepang,” jelas Jonfis. Hingga saat ini komposisi komponen lokal yang sudah diproduksi di Indonesia mencapai sekitar 40%. “Local part sekitar 40%, bergantung model,” ujar Jonfis. Ke depannya, ia menambahkan, komponen lokal akan ditambah.

Untuk Odyssey, Jonfis menjelaskan, akan diimpor langsung dari Jepang seiring dengan peluncuran New Honda Odyssey yang baru dilakukan Selasa (21/2) ini. Hingga April 2012 nanti, pihaknya akan mengimpor hingga 250 unit Odyssey dari Jepang dan hingga akhir tahun ditargetkan dapat menjual sebanyak 700 unit Odyssey. “Ini model pertama yang paling cepat yang bisa kita keluarkan. Karena dengan adanya banjir di Thailand akhir tahun lalu, otomatis jadwal kita banyak yang tertunda. Karena ini impor dari Jepang, kita usahakan luncurkan dulu. Kemudian nanti akan menyusul yang lainnya,” jelas Jonfis.

Banjir Thailand tahun lalu berdampak buruk pada performa penjualan mobil Honda di Indonesia tahun lalu. “Tahun lalu kita tidak bisa menampilkan performa maksimum dari penjualan Honda. Kita hanya bisa supply 60% dari permintaan yang ada. Tahun ini tentunya setelah kita bisa supply lancar di bulan April, kami harap semester kedua tahun ini terjadi peningkatan penjualan yang cukup drastis PT HPM,” ungkap Jonfis.

Pasar MPV di 2012, secara umum pasar akan tumbuh 10%-20%. Sama juga secara linier, pasar Honda akan tumbuh 5%-10%, lebih kecil dari total pertumbuhan. Jadi kita melihat pangsa pasarnya cukup menjanjikan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)