Dukungan India untuk UKM di Indonesia

Duta besar India di Indonesia, Gurjit Sigh (kiri) usai memberikan kata sambutannya dalam forum Sankalp di Jakarta. Duta besar India di Indonesia, Gurjit Sigh (kiri) usai memberikan kata sambutannya dalam forum Sankalp di Jakarta.

Dalam sambutannya di acara Sankalp Southeast Asian Summit 2015 di Jakarta, Duta Besar India di Indonesia, Gurjit Singh menjelaskan bahwa antara India dan Indonesia memiliki banyak persamaan, di antaranya sama-sama negara demokrasi dengan jumlah populasi generasi muda (gen millenial) yang besar, serta memiliki peninggalan budaya masa lampau yang sangat berharga.

“Semakin besarnya generasi muda di antara ke dua negara ini, sudah seharusnya kita berkolaborasi untuk menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru yang akan menjadi tulang punggung negara kita. Mari kita bekerjasa sama dan maju bersama,” ujar Gurjit di depan para peserta Sankalp Forum (19/11).

Sankalp forum sendiri adalah sebuah wadah pengembangan inklusi wirausaha yang diselenggarakan oleh Intellecap. Yaitu, sebuah perusahaan konsultasi berbasis di India. Menurut Nisha Dutt, Ceo Intellecap, sejak tahun 2009 Intellecap telah mempertemukan 400 pelaku Usah Kecil dan Menengah (UKM) dengan para investor. Dan telah melibatkan lebih dari 23,000 jaringan komunitas.

Di tahun 2014 mulai menggarap negara Afrika dan tahun 2015 ini untuk pertama kalinya Intellecap dengan Sankalp Forumnya ekspansi ke Indonesia untuk menggarap peluang UKM yang masih terbuka lebar.

“Para investor dan venture capital dari Vietnam, Afrika dan India saat ini melihat potensi wirausaha sosial di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, di mana UKM mendominasi 90% ekosistem usaha, "jelas Nisha.

Nisha menambahkan, kebangkitan kewirausahaan sosial dinilai sangat penting, sebagaimana halnya dengan wirausaha pemula (startups) dapat melahirkan perusahaan yang menciptakan dampak sosial.

Sankalp Forum dan Aavishkaar Frontier Fund, sebuah venture capital asal India, berkomitmen untuk membangun ekosistem kewirausahaan di Indonesia, memperluas pembangunan jaringan dan penanaman modal kepada UKM tahap pemula.

Melalui Sankalp Forum, Intellecap mengidentifikasi dan mengenali usaha sosial yang inovatif dan memiliki potensi untuk berkembang. Seiring dengan menampilkan para wirausahawan Indonesia yang menjanjikan, Sankalp Southeast Asia Summit juga akan menjadi kesempatan bagi Aavishkaar untuk mengumumkan investasi pertamanya di Indonesia.

Dalam kesempatan iru, Sankalp mendukung potensi wirausaha sosial Indonesia dengan memberikan penghargaan kepada 5 finalis pengusaha tahap pemula, salah satunya adalah UD Bintang Sejahtera (Bank Sampah) asal Lombok, Nusa Tenggara Barat yang mendapat US$ 10.000,

Selain UD Bintang Sejahtera, ada 4 finaslis lain, yaitu: Clean Power Indonesia, Nazava (water filter), Torajamelo dan Vasham. Ke 5 finalis tersebut akan mendapat kesempatan mengikuti Sankalp Global Summit di India bulan April 2016, dimana mereka juga akan diberikan dukungan finansial, pembangunan kapasitas bisnis dan peluang akses jaringan berskala. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)