Management Trends zkumparan

Ini Skenario BRI Syariah Hadapi New Normal

BRIsyariah menyatakan sudah mempersiapkan skenario penerapan the new normal di area operasionalnya. Lembaga jasa keuangan berbasis syariah ini memastikan akan terus menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Kami memastikan semua protokol pencegahan dijalankan dengan patuh,” ujar Direktur Operasional BRIsyariah, Fahmi Subandi dalam keterangan tertulis yang diterima SWA Online (28/05/2020).

Skenario tersebut antara lain pemberlakuan protokol pencegahan di seluruh kantor BRIsyariah, penyesuaian jam operasional dan layanan, serta pemanfaatan teknologi untuk menunjang kinerja.

“Sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan tentang pencegahan penularan corona virus disease (Covid-19) di tempat kerja sektor jasa dan perdagangan (area publik), kami mewajibkan pekerja dan pengunjung menggunakan masker dan melakukan pembatasan jarak fisik minimal 1 meter,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan upaya untuk meminimalkan kontak dengan nasabah, mencegah kerumunan nasabah, memonitor kesehatan karyawan dan memastikan pekerja yang bertugas di kantor dalam kondisi sehat, serta menyiapkan fasilitas membersihkan tangan di tempat-tempat yang mudah dijangkau.

BRIsyariah pun menyesuaikan jam layanan kepada nasabah di kantor bank. Jam layanan dibuka untuk nasabah pada 08.30 hingga 15.00 dan akan menyesuaikan dengan aturan pemerintah daerah setempat. Namun layanan mobile banking dan call center BRIsyariah siap melayani nasabah selama 24 jam sehari.

“Bicara mengenai layanan digital, selama masa imbauan berkegiatan di rumah, kami melihat masyarakat semakin adaptif dalam memanfaatkan teknologi. Banyak pekerjaan yang bisa disinergikan melalui video conference dan dilakukan di luar kantor,” ujar dia.

Untuk memfasilitasi kebutuhan transaksi nasabah saat di rumah, kata Fahmi, BRIS Online siap digunakan kapanpun di mana pun. Selama berlaku imbauan berkegiatan di rumah pihaknya juga melihat pertumbuhan penggunaan mobile banking mencapai 36% dibandingkan kondisi biasa.

Untuk internal business process, BRIsyariah juga sudah mengembangkan sistem yang memungkinkan tenaga pemasar pembiayaan memproses pengajuan pembiayaan nasabah di luar kantor. Aplikasi i-Kurma yang telah diluncurkan pada 2019 dinilai dapat memangkas waktu proses pengajuan pembiayaan secara signifikan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved