KAHMI dan Tiga Lembaga Bersinergi Cetak Pengusaha Baru

Setelah meluncurkan program kewirausahaan Kahmipreneur dua bulan lalu, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) telah menandatangani kesepakatan kerja sama (MoU) dengan tiga lembaga di restoran Batik Kuring, SCBD, Jakarta.

Presidium KAHMI sekaligus pencetus Kahmipreneur, Kamrusammad, mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman dengan tiga lembaga yaitu Lariba Consulting, Yayasan Pesantren Enterpreneur Indonesia serta program OK OCE menjadi bukti komitmen KAHMI untuk menyukseskan program Kahmipreneur. “Ini menandakan pengembangan Kahmipreneur tidak sembarangan. Selain menciptakan pengusaha baru, dengan adanya MoU ini diharapkan juga menciptakan banyaknya lapangan kerja," papar Kamrusammad dalam keterangan pers yang diterima  SWA Online hari ini (7/5/2018).

Seperti dengan program OK OCE yang dicetuskan oleh Kahmipreneur yaitu One Kecamatan One Center Enterpreneurship, kerja sama diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta mendayagunakan potensi ekonomi daerah. "Karena memang tujuan perjanjian kerja sama ini untuk membangun sinergi dan kolaborasi dalam rangka pengembangan potensi, pelaksanaan program dan kegiatan kewirausahaan di daerah," terang Kamrusammad.

Sementara, Yayasan Pesantren Entrepreneur diharapkan dapat menyediakan tempat pelatihan dan kurikulum yang dibutuhkan guna menyiapkan entrepreneur handal. "Kalau di sana kan ada fasilitas untuk pelatihan, jadi kami tidak ingin hanya melepas begitu saja. Tapi, akan kami bimbing dan latih supaya benar-benar menjadi pengusaha yang maju," jelas Kamrusammad.

Begitu juga kerja sama yang dilakukan dengan Lariba Consulting yang akan memberikan pelatihan aplikasi keuangan syariah bagi peserta Kahmipreneur. "Jadi mereka kita harapkan bisa menyelenggarakan program pelatihan, yang teknisnya juga disesuaikan dengan kebutuhan yang telah disepakati," urai Kamrusammad.

Kahmipreneur menargetkan dapat mencetak 25 pengusaha baru di setiap provinsi. Selain itu, melalui program  ini diharapkan bisa meningkatkan skala bisnis para pelaku UMKM yang berasal dari lingkup KAHMI.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!