Management Trends zkumparan

Kantor Pos Layani Top-up E-money Mandiri

Kantor Pos Layani Top-up E-money Mandiri

Bank Mandiri bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) dalam memperluas layanan top up Mandiri e-money. Tujuannya untuk mengakselerasi gerakan nasional non-tunai.

SEVP Consumer and Transaction Bank Mandiri, Jasmin, menjelaskan, secara bertahap bank itu menempatkan mesin pembaca (reader) e-money di loket-loket Kantor Pos di seluruh Indonesia. Sehingga pengguna layanan pos yang merupakan pemegang mandiri e-money akan dapat melakukan transaksi top up secara tunai di jaringan loket Kantor Pos.

Rencananya, layanan top up e-money ini akan dapat dinikmati pada 3.000 loket Kantor Pos. “Untuk saat ini sudah ada 17 loket Kantor Pos yang kami pasang. Kuartal I/2019, kami targetkan akan terpasang di 300 loket Kantor Pos dan di semester I/2019 akan ada 1.000 loket Kantor Pos yang terpasang,” jelasnya.

Dari 4.800 loket Kantor Pos nantinya akan dipilih lokasinya di tengah kota atau tempat yang dekat dengan akses tol. “Lokasi yang kami pilih adalah lokasi di mana banyak kebutuhan dari masyarakat yang menggunakan e-Money ini,” ujarnya.

Menurut Jasmin, sinergi ini sangat strategis karena akan mengoptimalisasi jaringan loket Kantor Pos yang saat ini telah melayani berbagai jenis transaksi pembayaran dan pembelian seperti tagihan utilitas,pembelian tiket dan lainnya.

“Ke depan, kami akan terus mengeksplorasi potensi kerja sama dengan korporasi yang memiliki jaringan bisnis atau value chain untuk semakin membudayakan cara pembayaran non tunai,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Eddi Santosa, menjelaskan, keberadaan outlet Pos Indonesia yang saat iniberjumlah lebih dari 4.800 (operate by own) dan 24.500 titik layanan dan agen Pos yang terkoneksi secara real time online, terus ditingkatkan peran dan fungsinya dalam melayani kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang pengiriman barang, pengiriman uang dan pembayaran.

Salah satu upaya peningkatan utilitas outlet Pos adalah melalui penambahan fitur layanan, sehingga tercipta layanan berbagai transaksi satu atap (one stop service). Jasa Keuangan Pos Indonesia melayani pengiriman uang baik cash2cash, cash2account, giropos,penerimaan setoran, tabungan, pendistribusian dana dan berbagai pembayaran biller.

Saat ini Kantor Pos telah terkoneksi ke lebih dari 420 biller dengan 180 juta transaksi selama tahun 2018. Kerja sama dengan Bank Mandiri dalam top up Mandiri e-money ini akan memudahkan maysarakat dalam melakukan top up dan transaksi secara non tunai. Kedepan akan terus dikembangkan kerjasama khususnya dalam rangka mendukung penggunaan uang elektronik ke berbagai lapisan masyarakat.

Guna meningkatkan antusiasme pemegang mandiri e-money untuk melakukan top up terhitung 9 Januari 2019 sampai dengan 31 Januari 2019, untuk transaksi yang dilakukan di loket Kantor Pos tidak dikenakan biaya administrasi.

Hingga Desember 2018, Bank Mandiri telah menerbitkan sebanyak 16,4 juta kartu dengan akseptansi mandiri e-money di lebih dari 45 ribu merchant dan 60 ribu lokasi top up.Dari jumlah tersebut, frekuensi transaksi Mandiri e-money pada Januari-Desember 2018 telah mencapai 1,1 miliardengan nominal transaksi Rp13,4 triliun. Frekuensi transaksi terbesar terjadi di sektor transportasi yang mencapai 94%, terutama jalan tol seperti ruas tol Trans Jawa, tol Bali Mandara, ruas tol Medan-Kualanamu serta ruas tol Ujungpandang seksi 1 dan 2.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved