Marketing Management

Kepak Wingsfood Mencuri Perhatian

Kepak Wingsfood Mencuri Perhatian

Kehadiran Mie Sedap sukses mengguncang pasar mie instan di Indonesia. Wingsfood kembali bikin geger lewat minuman kemasan Floridina dan Ale-Ale yang berhasil membuat pesaingnya ketar-ketir. Apa rahasianya?

“Untuk pola distribusi, kesuksesan sebuah produk adalah ketersediaan. Pola masyarakat Indonesia jika masuk ke toko memang lebih suka membeli makanan siap saji. Jadi, memang tidak ada yang bisa dikategorikan kustomer yang setia pada brand. Kalau tidak ada memang dengan mudah customers berpaling,” kata Aristo Kristandyo, Head of Marketing Beverages PT Wingsfood.

Menurut dia, distribusi di kanal yang tepat harus menjadi perhatian. Contoh, distribusi Ale-ale adalah ke niche market. Dari segi harga, juga harus sensitif di kelas ekonomi masyarakat yang disasar. Misalnya, untuk minuman kemasan cup berkisar antara Rp 1.000-Rp 1.500 perbuah. Ini telah mempertimbangkan perilaku pembelian yang tentunya terkait dengan pendapatan calon konsumen.

Group Head Marketing Beverages PT Sayap Mas Utama, Aristo Kristandy

“Kalau, Ale-ale orang sudah kenal. Varian rasanya juga banyak. ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap sales-nya. Kenapa ale-ale bisa sukses, tentu dengan memperhatikan distribusi, promosi, placement, dan harga yang sesuai dengan target market kami,” katanya.

Dia menjelaskan, promosi mengikuti kaidah yang berlaku. Dari sisi komunikasi pemasaran, diatur kesesuaiannya dengan perilaku calon konsumen. Kegiatan yang digelar harus bisa memenuhi harapan target pasar. Misalnya, komunikasi tidak dalam bahasa Inggris karena diperuntukkan untuk kelas C dan D. Acaranya harus lekat dengan keseharian anak-anak muda. Sehingga, yang sudah dewasa ingin terlihat lebih muda.

“Dari segi iklan, tentunya tidak harus murahan. Jadi, meski produknya murah, harus ada nilai tambah bagaimana produk bisa mencapai sesuatu sesuai citra yang diharapkan. Itu yang menjadi perhatian kami. Pun dengan kualitas dan rasa yang banyak dan mengeluarkannya secara tepat akan meningkatkan kepercayaan pada produk,” kata dia.

Aristo menambahkan, perseroan juga terus memantau pergerakan di pasar agar tim sales konsisten menggenjot penjualan. Caranya, salah satunya terus menambah aktif outlet sekaligus mempertahankan toko aktif. Strategi serupa diterapkan untuk minuman siap saji, Floridina. Sayangnya, dia enggan menjelaskan lebih rinci berapa pertumbuhan penjualan produk-produk laris milik Wingsfood.

“Saya tidak bisa share data. Tapi, saya bisa memberi bocoran. Walau industri food and beverages secara keseluruhan turun di bawah 1%. kami berhasil tumbuh di atas rata-rata industri,” kata dia. (Reportase: Rizky C. Septania)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved