Management Strategy

Kesiapan BRI Layani Peserta BPJS

Oleh Admin
Kesiapan BRI Layani Peserta BPJS

BRI

Sekitar 9.300 unit kerja BRI dan lebih dari 14.600 ATM BRI di seluruh Indonesia siap melayani penerimaan dan pembayaran iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Layanan ini terlaksana berkat kerja sama antara PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Askes (Persero).

Hari ini, Jumat (12/07/2013), bertempat di PT Askes (Persero), telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Askes dan BRI terkait hal itu. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Askes (Persero) Fachmi Idris dan Direktur Bisnis Kelembagaan BRI Asmawi Syam, dan disaksikan oleh pejabat-pejabat kedua belah pihak.

“Ruang lingkupnya yakni pelayanan jasa perbankan berupa pelayanan penerimaan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui BRI Virtual Account, keseragaman layanan transaksi perbankan Kantor Divisi Regional/Cabang Askes, dan penempatan dana oleh PT Askes (Persero),” ungkap Muhamad Ali, Sekretaris Perusahaan Bank BRI.

Ali menyebutkan, fasilitas BRI Virtual Account (BRIVA) merupakan satu-satunya virtual account perbankan dengan sistem real time online, sehingga seluruh pembayaran premi peserta BPJS melalui BRI Virtual Account dapat langsung tercatat secara real time on line di sistem Kepesertaan BPJS.

Askes yang pada tanggal 1 Januari 2014 nanti akan bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan, saat ini melayani lebih dari 16,4 Juta peserta, terdiri atas PNS aktif, pensiunan, dan veteran TNI/Polri. Nantinya perseroan akan melayani sekitar 125 juta peserta, atau naik 760 persen, dan diperkirakan akan mencapai 250 juta peserta di tahun 2019. “Sehingga diperlukanlah mitra perbankan yang dapat melayani peserta BPJS di seluruh Indonesia. BRI dengan jaringan kerja tersebar dan terbesar di seluruh Indonesia siap memberikan layanan optimalnya,” tutur Ali.

“Selain itu untuk memudahkan pengawasan dan pemantauan terhadap kegiatan pengelolaan keuangan Askes serta mempermudah penerimaan iuran, BRI juga siap dengan fasilitas Cash Management System.”

Bagi Askes, penandatangan MoU ini diharapkan dapat terealisasi efektif pada tanggal 1 Januari 2014, dan dapat memberikan kemudahan dalam memanfaatkan sistem layanan jasa perbankan yang cepat, nyaman, modern, dan terpercaya melalui jaringan BRI yang tersebar dan terbesar di Indonesia baik bagi BPJS Kesehatan maupun peserta BPJS Kesehatan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved