Lima Tahun, Singapore Airlines Genap Operasikan Airbus A380

Hari ini, Kamis (25/10/2012), penggunaan pesawat Airbus A380 oleh maskapai Singapore Airlines genap berusia 5 tahun. Pesawat tersebut pertama kali dioperasikan pada tanggal 25 Oktober 2007.

“Kami sungguh bahagia dapat merayakan hari jadi pengoperasian pesawat Airbus A380 yang kelima pada hari ini,” sebut Mak Swee Wah, Executive Vice President Commercial Singapore Airlines, dalam siaran pers.

Lima tahun lalu, pesawat komersial terbesar di dunia ini diterbangkan dari Singapura menuju Sydney, Australia. Penerbangan tersebut dalam rangka program amal. Hingga kini, maskapai telah mempunyai 19 armada pesawat A380. Jumlah tersebut melayani 10 tujuan penerbangan, diantaranya Frankfurt, Hong Kong, London, Los Angeles, Melbourne, New York, Paris, Sydney, Tokyo, dan Zurich.

Dengan pesawat asal Perancis ini, Singapore Airlines telah menerbangkan lebih dari 9 juta pelanggan melalui 24.000 penerbangan. Jam terbang pun telah mencapai sekitar 240.000 jam.

Perkembangan tersebut tidak lain karena para pelanggan menyukai kelebihan yang ditawarkan A380. Kabin pesawat superjumbo ini dinilai memberikan kelapangan, ketenangan, dan kenyamanan. Maskapai pun melihat adanya permintaan yang kuat dari konsumen untuk produk-produk kabin pesawat A380.

Kemarin, Singapore Airlines mengumumkan secara resmi telah memesan 5 unit A380 dan 20 unit A350. Pemesanan tersebut bernilai 7,5 miliar dollar AS. Pesawat pun akan mulai diantarkan pada tahun 2017.  “Armada pesawat A380 kami telah menjadi armada favorit pelanggan kami dan akan terus memainkan peran penting dalam jaringan kami,” tambah Mak Swee Wah.

Sebagai perayaan 5 tahun pengoperasian A380 oleh Singapore Airlines, maskapai pun memberikan paket hadiah berupa model koleksi pesawat A380 kepada seluruh penumpang pada penerbangan pesawat A380 yang menuju dan dari Singapura pada hari ini.

Coklat yang dibuat khusus untuk perayaan pengoperasian pesawat A380 juga akan disajikan pada beberapa penerbangan A380 hari ini. Bahkan, sebagai bagian dari perayaan, Singapore Airlines juga meluncurkan kontes pada bulan Agustus 2012 untuk mendapatkan kesempatan sekali seumur hidup untuk mengikuti penerbangan delivery armada pesawat A380 ke-19 langsung dari pabrik Airbus di Toulouse, Perancis. (Ester Meryana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)