Maybank Fokus Reward Untuk Gen Y

Strategi reward berbagai perusahaan bisa bermacam-macam, tergantung kekuatan finansial dan ketersediaan tenaga kerja di pasar. Hanya saja, pakemnya sama yakni berbasis kinerja. PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) pun menganut pola serupa.

“Pada tahun 2016, kami ingin menerapkan fully performance based remuneration strategy. Untuk memberi perbedaan salary berdasarkan performa masing-masing dan benefit tambahan untuk karyawan yang memiliki potensi lebih dan produktif,” kata Head Org. Development, Rewards & Service Management Maybank Indonesia, Herman Cahyadi.

Ini merupakan kelanjutan dari program reward karyawan yang berjalan sukses. Ukurannya adalah tingkat turnover yang semakin berkurang, kini di angka 6%, jauh di bawah rata-rata industri perbankan yang mencapai dua digit. Perseroan mesti jeli menerapkan program reward mengingat lebih dari separuh karyawan adalah generasi milenial (Gen Y). Golongan ini sulit bertahan lama di satu perusahaan andai tidak ada lagi pekerjaan yang menantang buat mereka.

“Urgensinya, bagaimana me-maintain mereka untuk pengembangan karier selanjutnya. Performa yang baik dari karyawan perlu diberikan reward yang sesuai tidak hanya monetary tapi juga nonmonetary,” ujarnya.

maybank

Tantangan terbesarnya memang menggabungkan reward dengan performance. Saat performa bagus dan produktif, reward sudah pasti diberikan. Harapannya, kinerja karyawan akan terus menanjak. Kebijakan ini perlu dilakukan untuk menjaga talent berkualitas yang kini menjadi incaran banyak bank lain mengingat sulitnya menjadi karyawan yang benar-benar paham dan jago di bidang perbankan.

“Kandidat jenis ini juga punya harapan tinggi, seperti gaji yang besar. Kami berusaha mengenalkan budaya perusahaan dan melatih mereka agar dapat meningkatkan produktivitas dan bisa bersaing di pasar,” kata Herman.

Untuk menjaga agar talent terbaik tidak pergi, selain memberi benefit dasar seperti asuransi kesehatan dari BPJS, basic salary yang kompetitif yaitu P50, ada juga pelatihan dan program pengembangan, baik technical maupun self development. Ada juga program international assignment, workshop, training internal dengan manager, beasiswa untuk anak-anak karyawan, dan lainnya.

“International assignment diperuntukkan bagi gen Y untuk pengembangan karier. Kami kirim mereka training di perusahaan luar negeri seperti di Singapura, Vietnam, Mumbai, dan lain-lain. Paling singkat, 6 bulan hingga paling lama 2-4 tahun dan bisa membawa keluarga. Syaratnya, karyawan punya performa bagus dan sudah 2 tahun bekerja di Maybank,” ujarnya. (Laporan: Tiffany Diahnisa)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)