NCS Rambah Sektor E-commerce Lewat Topsonia

Reni Sitawati Siregar, Direktur Utama NCS (tengah); Nanang Rohyat, Direktur IT NCS (kiri); dan Ghina Audryni, CEO pesanterus.id (kanan).

Nusantara Card Semesta (NCS), perusahaan yang bergerak di bidang logistik B2B selama 26 tahun di Indonesia kini mulai merambah pengiriman e-commerce melalui anak usahanya, Topsonia. Berawal dari keagenan yang ditawarkan di masa pandemi, NCS berhasil memperoleh 1.000 agen dalam waktu dua bulan pada Oktober 2020 lalu. Dari situ, NCS mencoba membantu sejumlah agen yang memiliki bisnis online untuk bisa mengirim barang.

Reni Sitawati Siregar, Direktur Utama NCS menjelaskan bahwa hingga akhir tahun 2020 sudah terdapat tujuh produsen yang bergabung di Topsonia. Sementara sampai akhir 2021, Topsonia menargetkan 5.000 agen, dan sekarang sudah 1.300 an yang tersebar di seluruh Indonesia. “Kami berharap mereka dapat berjualan di Topsonia. Agen yang paling banyak masih di dominasi daerah Jabodetabek dan daerah Jawa,” kata Reni.

Pada kesempatan yang sama, Direktur IT NCS,  Nanang Rohyat mengatakan, Topsonia menjadi jembatan bertransaksi sehingga ekonomi dapat tumbuh, UMKM juga maju. Itulah visi misi yang utama dalam menciptakan bisnis dan ujungnya adalah tumbuhnya perekonomian di Tanah Air.

Dengan adanya sistem online NCS pihaknya mengakui mengalami peningkatan hingga 1.000%. “Kami punya produk namanya Nusantara Food Delivery untuk menjawab tantangan penurunan bisnis dari B2B dan itu naik ribuan persen karena asumsinya orang-orang stay at home dan work from home, jadi mereka membeli makanan tanpa harus keluar rumah," ujar Reni.

Di samping itu pada bulan September 2020, NCS juga membuat pesanterus.id untuk mendukung UMKM menjual berbagai produk makanan. Kini sudah ada 70-100 UMKM yang tergabung di pesanterus.id. NCS juga memiliki aplikasi pick up & delivery di mana konsumen tinggal mengklik pesanannya dan agen NCS akan datang mengambil pesanan konsumen tanpa harus keluar rumah.

Adapun secara keseluruhan NCS telah memiliki 1.300 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, dan target hingga September ini akan mencapai 5.000 outlet. Sedangkan untuk di Jakarta sendiri mencapai 200-an lebih.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)