OJK Siapkan Stimulus untuk Pertumbuhan Pembiayaan 20%

Direktur Penelitian, Pengembangan Pengaturan dan Perijinan Perbankan Syariah - OJK, Dhani Gunawan Idat, mengatakan saat ini pihaknya sudah menyiapkan sejumlah stimulus yang bertujuan mendorong pertumbuhan pembiayaan dan membuat industri perbankan kembali likuid, dalam hal ini menurunkan net performing loan (NPL) perbankan syariah. Stimulus tersebut di antaranya adalah pelonggaran LTV, ATMR dan restrukturisasi “Stimulus dibutuhkan untuk kondisi ekonomi saat ini yang memburuk, dan hanya berlaku samapai 2 tahun kedepan setelah itu kami perkirakan kondisi sudah kembali pulih,” ujar Dhani.

ojk

“Dengan stimulus ini masyarakat yang kondisi usahanya mulai sulit saat ini, seperti penurunan permintaan, kemudian penurunan penjualan yang berakibat menurunkan daya bayar pegawai, akan sangat terbantu,” lanjutnya. Menurut Dhani, saat ini NPL perbankan syariah sudah hampir mencapai 5 oleh karena itu dengan adanya stimulus ini diharapak NPL perbankan syariah bisa turun hingga 3, pangsa pasar mencapai 5 % dan pembiayaan bisa tumbuh sampai 20 % diakhir tahun 2015.

Menurut Dhani, stimulus ini hanya berlaku untuk dua tahun ke depan sehingga masih bisa dikendalikan, “Jadi nanti setelah dua tahun stimulus akan ditarik kembali karena kami yakin kondisinya sduah kembali pulih,” jelas Dhani.

Data OJK per Juni 2015, industri perbankan syariah terdiri dari 12 bank umum syariah, 22 unit usaha syariah yang dimiliki oleh bank umum konvensional dan 162 BPRS dengan total aset sebesar Rp 273,494 triliun, dengan pangsa pasar 4,61 %. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, total aset gross adalah Rp 201,397 triliun, pembiayaan Rp 85,410 triliun dan dana pihak ketiga (BUS dan UUS) Rp 110,509 trilun.

Selain stimulus, guna menumbuhkan awareness masyarakat akan produk-produk perbankan syariah, OJK juga kembali menyelenggarakan kegiatan expo iB (Islamic Banking) Vaganza digelar untuk yang ke-10 tahun 2015 di Jakarta, setelah sebelumnya kegiatan ini telah diselenggarakan di Solo, Mataram, Makasar, Purwokerto, Bengkulu, Bogor, Balikpapan, Banjarmasin dan Semarang.

Pelaksanaan kegiatan iB Vagansa  tahun 2015 merupakan salah satu bagian dari rangkaian Kampanye Nasional Aku Cinta Keuangan Syariah. Expo iB Vaganza dimeriahkan dengan berbagai acara, diantaranya talkshow, edukasi dan sosialisasi produk dan layanan keuangan syariah dengan narasumber daro OJK, pelaku industri jasa keuangan syariah, dan akademisi. Selain itu, sebagai rangkaian kegiatan iB Vaganza Jakarta juga akan dilaksanakan “Workshop Perbankan Syariah” kepada guru sekolah menengah di wilayah DKI Jakarta. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)