Management Technology

Pameran Telkom Craft Indonesia Incar Transaksi Rp10 Miliar

Pameran Telkom Craft Indonesia Incar Transaksi Rp10 Miliar

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggelar pameran Telkom Craft Indonesia mulai 10-12 Maret 2017 guna meningkatkan kualitas dan daya saing pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Pameran yang mengambil tema Local Heroes to Global Champions ini dibuka secara resmi oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno dan disaksikan para Direksi BUMN.

Menurut Rini, UMKM masih memerlukan bimbingan dan pendampingan dalam hal standar pengembangan produk, kualitas, serta pemanfaatan teknologi dan manajemen. UMKM juga membutuhkan akses ke pasar yang lebih luas melalui pameran dan penjualan online. Yang tak kalah penting, para pelaku UMKM perlu dukungan permodalan. Oleh karena itu, Kementerian BUMN mendorong BUMN untuk bersinergi membangun RKB di seluruh kota/ kabupaten di Indonesia untuk memberikan solusi permasalahan-permasalahan tersebut.

Telkom Craft Indonesia merupakan bagian dari program Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN bertujuan untuk membina pelaku UMKM agar memperoleh access to competence, commerce dan capital. Hingga akhir 2016, terdapat 100 RKB yang telah dibangun oleh BUMN. Selanjutnya 514 RKB akan hadir di kota/kabupaten seluruh Indonesia yang ditargetkan selesai dibangun hingga akhir tahun 2017.

Rini berharap, melalui RKB kehadiran BUMN benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya oleh para pelaku UMKM. “Apresiasi patut diberikan kepada Telkom yang menginisiasi event ini, sebagai implementasi RKB dalam memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk memperoleh akses pasar lebih luas melalui kegiatan pameran dan digitalisasi bisnis,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga, menegaskan, Telkom telah berperan dalam mendukung digitalisasi UMKM. Pada era serba digital ini, UMKM memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak digital economy ecosystem di Indonesia.

“Telkom mengambil peran sebagai enabler atau fasilitator untuk membangun masyarakat digital Indonesia. Salah satunya dukungan bagi para pelaku UMKM melalui RKB, dimana Telkom memberikan bimbingan dan pendampingan pemanfaatan ICT dalam operasional bisnis UMKM,” jelas Alex.

Sebagai penggerak perekonomian bangsa, Alex berharap UMKM mampu bersaing dan maju ke pasar global sesuai tema pameran, yaitu Local Heroes to Global Champions. Telcom Craft Indonesia merupakan respons BUMN atas program Nawacita pemerintah untuk membangun dan meningkatkan UMKM dan daya saing di pasar internasional serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Telkom Craft Indonesia menghadirkan 126 UMKM terpilih dari total 125 ribu UMKM binaan Telkom di seluruh Indonesia serta mitra binaan BUMN lain, yang terdiri dari tiga kategori yakni Craft, Fashion dan Food. Pada kesempatan ini, selain menghadirkan produk-produk UMKM terpilih, terdapat juga talk show, konsultasi bisnis, fashion show, fashion tutorial dan penampilan menarik lainnya.

Selain itu, sebagai pameran UMKM digital pertama di Indonesia dalam event ini pengunjung diajak untuk bertransaksi secara digital menggunakan t-cash dan blanja.com. Dalam acara ini, Alex juga menargetkan akan meraih total transaksi hingga Rp10 miliar. Dengan total pengunjung yang diharapkan selama 10-12 Maret 2017 bisa mencapai 10 ribu orang

Kementerian BUMN meyakini bahwa kerjasama yang simultan dan seimbang antara BUMN dengan mitra binaannya akan membuka ruang ekonomi yang lebih besar bagi para pelaku UMKM daerah dalam rangka pengembangan industri kreatif nusantara.

“Kami berharap pameran ini dapat menjadi wadah bagi para perajin UMKM lokal untuk menciptakan karya konkrit dari sebuah kerajinan serta mengembangkan bisnisnya tidak hanya di Indonesia tetapi juga di ASEAN, bahkan di kancah global,” tegasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved