Management Strategy

Pangsa Pasar Stabil, Ini Taktik Mitsubishi

Pangsa Pasar Stabil, Ini Taktik Mitsubishi

Industri otomotif mencatat hasil tak menggembirakan tahun 2015. Pasar kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial turun hingga sekitar 18% dibanding tahun lalu. Penjualan Mitsubishi juga turun meski tidak sebesar penurunan di industri.

Inilah yang membuat pangsa pasar Mitsubishi tak ikutan turun. Namun, justru sedikit lebih baik dari tahun 2014. Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), Hisashi Ishimaki mengatakan, market share Mitsubishi di masing-masing segmen sedikit lebih baik dari total pasar.

“Kami mengeluarkan produk baru di kedua segmen, yakni passenger cars dan CV. Ada Mitsubishi Triton di bulan Agustus 2015 lalu. Cukup baik penjualannya, lebih dari 2.200 unit sejak diluncurkan,” katanya.

Tak hanya itu, KTB juga meluncurkan produk baru Mitsubishi Fuso di kelas medium. Perseroan juga menambah gencar promo penjualan dan kampanye pemasaran. “Kami juga menambah jumlah diler. Sekarang, total ada 242 diler di seluruh Indonesia,” katanya.

Ishimaki yakin kondisi ekonomi tahun 2016 akan semakin baik menyusul beragam proyek infrastruktur yang tengah gencar digarap pemerintah. Jalan tol dan MRT adalah beberapa proyek yang sudah dimulai.

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), Hisashi Ishimaki

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), Hisashi Ishimaki

Pada tahun baru, KTB akan meningkatkan penjualan dan menambah varian baru. Di kuartal pertama 2016, akan meluncur New Pajero Sport. Pajero Sport merupakan backbone penjualan di segmen passenger car dan SUV 4×4.

“Itu market share-nya paling bagus, terbaik, dan mendominasi. Dengan diluncurkannya Pajero Sport terbaru, kami berharap bisa lebih baik target sales-nya. Semoga bisa lebih baik dari tahun 2015,” katanya.

Untuk memenangi persaingan, terutama dengan merek asal Jepang yang juga bermain di segmen yang sama, KTB juga akan terus memperbaiki layanan purna jual. Contohnya, Zero Downtime yang memberikan layanan 24 jam/365 hari untuk Mitsubishi Fuso.

Artinya, layanan perbaikan bisa dilakukan kapan saja tanpa mengganggu jadwal tibanya. Untuk kendaraan penumpang ada kontrol rutin di setiap diler agar kualitas layanannya sesuai standar. “Jadi, pelanggan bisa dapat layanan di diler selayaknya beli premium car,” katanya.

KTB memiliki dua lini bisnis. Pertama, kendaraan penumpang dengan principal office-nya adalah Mitsubishi Motor. Produknya seperti Pajero Sport, Outlander Sport, Delica.

Kedua, kendaraan jenis Light commercial Vehicle, seperti Triton, T300 dan T120 ss. Ketiga, kendaraan komersial dengan principal berbeda dengan Mitsubishi Motor, yaitu Mitsubishi Fuso, Truck and Bus. (Reportase: Arie Liliyah)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved