Management Trends

Program UMKMembara Bara Imaji untuk Membantu UMK Indonesia

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 lalu telah berdampak pada banyak sektor, termasuk sektor ekonomi. Usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai elemen penting dalam perekonomian Indonesia juga harus mengalami masa sulit selama pandemi terjadi. UMKM mengalami berbagai permasalahan, mulai dari penjualan turun tajam, omzet berkurang drastis, dan modal pun habis terkikis.

Menurut laporan dari UNDP dan Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia, sembilan dari sepuluh UMKM mengalami penurunan permintaan produk selama pandemi Covid-19. Dari segi pendapatan pun mengalami penurunan hingga 30% pada tahun 2020. Sementara itu, dari total 64,2juta UMKM di Indonesia, hanya 10,25 juta yang sudah terhubung dengan platform digital. Oleh karena itu, diperlukan usaha dan dukungan yang besar untuk mengatasi masalah ini.

Melihat situasi ini, Bara Imaji selaku perusahaan digital agensi yang berfokus pada Brand Ambassador, KOL Management, dan influencer marketing yang peduli pada merek-merek UMKM di Indonesia meluncurkan program bertajuk “UMKMembara” di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda. Program “UMKMembara” diinisiasi oleh Bara Imaji sebagai kontribusi mereka dalam mendukung UMKM dan UKM di Indonesia. Program ini bisa menjadi salah satu cara untuk dapat meningkatkan brand awareness dan mendongkrak penjualan.

“Bara Imaji berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan UMKM Indonesia yang terdampak Covid-19 karena kita tahu bahwa UMKM merupakan pilar ekonomi nasional,” jelas Nur El Ikhsan, CEO Bara Imaji.

Program UMKMembara berbentuk video review produk-produk UMKM oleh tim Bara Imaji melalui official Instagram account dan YouTube channel Bara Imaji. Selain itu, review ini bersifat gratis dan ada produk yang berpeluang di-review oleh influencer atau bahkan artis. UMKM yang mendaftar juga akan mendapatkan stok foto produk dan video review yang bisa diposting di masing-masing sosial media mereka.

Dengan menggaet influencer maupun artis di program ini, Bara Imaji berharap agar semakin banyak masyarakat yang aware dan tertarik untuk membeli produk UMKM. Mengingat bahwa kekuatan word of mouth sangat besar dalam mempngaruhi orang lain untuk membeli suatu produk yang di-review oleh influencer. Dengan begitu, akan semakin banyak masyarakat yang sadar, mau mendukung, dan memilih produk lokal.

“Dengan diluncurkannya UMKMembara kami berharap bisa meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk-produk UMKM yang dampak lebih lanjutnya bisa meningkatkan sales sehingga UMKM pun bisa bangkit dan semakin membara,” jelas Nur.

Di masa PPKM saat ini banyak pihak yang terdampak, tak terkecuali UMKM yang berharap bisa pulih di situasi yang tidak pasti. PPKM yang juga diperpanjang semakin membuat pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan. Hal ini tak lain karena peraturan PPKM membuat pelaku usaha harus membatasi jam operasionalnya. Oleh karena itu, Bara Imaji berupaya hadir untuk membangkitkan UMKM melalui program UMKMembara.

Bara Imaji adalah agensi digital dan kreatif yang fokus dalam social media management, brand ambassador management dan digital marketing improvement menyasar pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Perusahaan ini baru berdiri sejak Juni 2020 dan saat ini telah memiliki klien di berbagai bidang usaha, seperti fashion, herbal, Food and Beverages, percetakan hingga ritel.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved