Proklim, Salah Satu Upaya KLH Kurangi Emisi

IMG_5176

Isu perubahan iklim telah menjadi perhatian banyak pihak baik tingkat internasional, regional, nasional dan lokal. Kondisi tersebut membutuhkan penanganan dengan memperkuat aksi nyata di tingkat lokal yang dapat berkontribusi terhadap upaya mitigasi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca serta upaya adaptasi untuk meningkatkan kapasitas seluruh pihak dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

Aksi nyata adaptasi dan mitigasi perubahan iklim menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penerapan startegi pembangunan rendah karbon dan tahan perubahan iklim yang perlu terus dikembangkan dan diperkuat pelaksanaannya.

Secara rinci  yang dimaksud adaptasi terkait perubahan iklim ini merupakan proses untuk memperkuat dan membangun strategi antisipasi dampak keragaman dan perubahan iklim serta melaksanakannya sehingga mampu mengurangi dampak negative dan mengambil manfaat positifnya. Sedangkan mitigasi merupakan usaha penanggulangan untuk mencegah terjadinya perubahan iklim melalui kegiatan yang dapat menurunkan emisi atau meningkatkan penyerapan gas gas rumah kaca dari berbagai sumber emisi.

Berbagai upaya dilakukan oleh KLH guna menangani masalah perubahan iklim. Salah satunya yaitu melalui Program Kampung Iklim (Proklim). Sri Tantri Arundati selaku Asisten Deputi Adaptasi Perubahan Iklim Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim KLH mengungkapkan bahwa Proklim merupakan upaya KLH guna mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Respons masyarakat terhadap program ini sudah cukup baik. Pada pelaksanaan Proklim tahun 2012, KLH menerima pengusulan 71 calon lokasi Proklim yang tersebar di 15 Provinsi. Kemudian pada tahun 2013, jumlahnya meningkat menjadi 180 lokasi yang tersebar di 14 Provinsi. "Kami menargetkan terdapat sebanyak 1.000 Proklim pada 2020," ungkap Arief Yuwono, Deputi III Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim KLH

“Nantinya lokasi penerima penghargaan Proklim ini diharapkan bisa menjadi model percontohan dalam penerapan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim," imbuh Tantri.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)