Management Strategy

Rakuten Dream Merchant Siapkan UMKM Hadapi MEA

Rakuten Dream Merchant Siapkan UMKM Hadapi MEA

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah berlangsung sejak Januari 2016. Persaingan yang semakin ketat juga dirasakan oleh para pelaku UMKM, hal ini tentu mendorong pengusaha untuk meningkatkan kualitas produk sehingga bisa bersaing dengan negara lainnya.

Rakuten belanja online turut ikut andil untuk mengembangkan para UMKM tersebut. Salah satunya adalah program Rakuten Dream Merchant yang bertujuan untuk memperdayakan UMKM di Indonesia agar mencapai kesuksesan dalam bisnis online serta menyiapkan pedagang lokal dengan keterampilan dan fasilitas yang diperlukan dalam menghadapi MEA.

20160114_114826_resized

Greta Christina, e-Commerce Consultant Manager of Rakten Belanja Online, mengatakan, di Indonesia memiliki lebih dari 57 juta UMKM di tahun 2015, akan tetapi hanya 1% dari UMKM lokal yang menggunakan e-commerce untuk mengembangkan bisnis mereka. Dengan program Rakuten ini tak hanya kompetisi, tetapi juga merupakan program pemberdayaan pedagang lokal, pelatihan hingga layanan konsultasi, serta mendorong merchant Indonesia agar dapat memanfaatkan internet guna mendorong penjualan.

“Kami menyediakan pelatihan dan layanan konsultasi untuk mereka. guna mendorong penjualan dan menjangkau pelanggan baru dengan mengimplementasikan nilai dari Rakuten,” ujar Greta.

Greta menambahkan, program yang dimulai sejak September 2015 diikuti lebih dari 1.000 bisnis online kemudian disaring menjadi 10, lalu mengerucut menjadi 3. Dari 3 merchant dilakukan voting dari para konsumen yang syaratnya harus mencoba terlebih dahulu dari ketiga merchant tersebut. Dari hasil voting, maka terpilihlah Natasha Caesar Denova dari bisnis online Bakelnc yang dinobatkan sebagai pemenang dengan memperoleh 800 vote.

Natasha Caesar mengatakan, dengan memanfaatkan e-commerce, usaha yang menjual kue buatan rumahan ini bisa bersaing dan memanfaatkan pasar yang sedang berkembang saat ini dengan layanan pengiriman satu hari melalui Rakuten Belanja Online. Ia juga mengakui omset yang diterima naik hingga dua kali lipat sejak memanfaatkan e-commerce dalam memasarkan produknya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved