Sambangi Amerika, Jokowi Bakal Bertemu Pejabat Tinggi Apple, Microsoft dan Google

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan bertandang ke Amerika Serikat (AS) selama lima hari, dimulai dari 25 Oktober. Di sana, dijadwalkan bertemu dengan berbagai orang penting di negara tersebut, termasuk Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook.

Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan akan bertemu dengan perwakilan dari Google, Microsoft dan Facebook. "Kami melihat perubahan arah kebijakan yang positif dari pemerintah untuk membuat Indonesia lebih terbuka pada investasi," kata Lin Chamber,Direktur Pelaksana Kadin Amerika di Indonesia seperti dikutip Reuters, Ahad 19 Oktober 2015.

Jokowi berencana mengunjungi kantor pusat Apple di Cupertino, California dan duduk bersama dalam sebuah jamuan makan malam dengan Cook. Keduanya akan membahas soal investasi di industri timah Indonesia.

"Apple ingin berinvestasi di industri timah Bangka-Belitung. Mereka ingin mendapatkannya langsung dari sumbernya," kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Luhut Binsar Pandjaitan.

Seperti diketahui, timah adalah bagian penting dalam produksi iPhone dan produk Apple lainnya. Karena itu, mereka ingin memastikan bahwa logam yang digunakan dalam berbagai produk Apple diproduksi di pertambangan legal.

Di pihak lain, Indonesia adalah eksportir timah terbesar di dunia, dengan hampir semuanya diproduksi di Pulau Bangka dan Belitung.

Selain itu, dengan Google, Jokowi ingin menjajagi peluang kerjasama untuk mengembangkan jaringan jaringan internet nirkabel di Papua dan daerah terpencil lainnya. Sementara dengan Facebook dan Microsoft, Jokowi akan meminta dukungan untuk mengembangkan pusat-pusat teknologi di kampus-kampus di Indonesia.

Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)