Management

Siasat Telunjuk.com Berkembang di 2013

Oleh Admin
Siasat Telunjuk.com Berkembang di 2013

Situs yang menyediakan layanan pencarian produk dan jasa, Telunjuk.com, mempunyai sejumlah strategi untuk lebih berkembang pada tahun ini. Salah satunya, Hanindia Narendrata Rahiesa, Co-Founder & Chief Marketing Officer (CMO) PT Telunjuk Komputasi Indonesia, menyebutkan, situs ini akan menambah portofolio produknya.

“Jadi, tahun ini, kami akan tambah portofolio produk. Sekarang sudah ada gadget, elektronik, sama travel. Bulan Maret akan ke fashion, terus lebih produk-produk middle class sama lebih ke lifestyle,” terang Hanindia kepada SWA Online, di acara Indonesia Middle-Class Brand Forum & Awarding Ceremony, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hanindia Narendrata Rahiesa, Co-Founder & Chief Marketing Officer (CMO) PT Telunjuk Komputasi Indonesia

Di sisi portofolio produk, ia menerangkan, Telunjuk.com pada dasarnya menyediakan produk yang disenangi masyarakat Indonesia. Kini, kata dia, produk ataupun jasa yang dicari oleh konsumen tak lagi yang merupakan kebutuhan pokok. “(Masyarakat) Indonesia sekarang senangnya sudah mulai yang lucu-lucu. Sudah tidak yang basic need lagi. Dan kita pun melihat tren yang ada di internet. Jadi, kita start untuk melayani user-nya itu lebih kepada produk-produk yang dicari sekarang itu apa,” papar dia.

Salah satu yang sekarang banyak dicari masyarakat adalah layanan bepergian (travel). Untuk yang satu ini, Hanindia mengaku bahwa jasa travel yang ada di situs mulai dari domestik hingga internasional. Ia pun mengatakan, “Jadi, kita hotel sudah tidak terhitung jumlahnya (karena) partner kita di sisi travel booking sudah banyak.” Perkembangan positif juga diraih oleh produk elektronik dan gadget (perangkat teknologi). Jumlah merchant kedua jenis produk ini sudah mencapai sekitar 70 merchant.

Telunjuk.com kini akan menyasar produk fashion. Terhadap jumlah merchant yang bakal hadir di situs, Hanindia berkata, “Jumlahnya sebenarnya kita tidak targetin. Kita pilih-pilih merchant-nya. Lebih ke yang sudah trusted sama yang mungkin sudah jalan agak lama, yang memang buka serius.”

Strategi pengembangan situs lainnya adalah memperkuat merek (branding). Dengan dana yang terbatas, Hanindia tidak kehilangan akal. Ia pun menggaet sejumlah blogger ataupun situs lain untuk memasarkan Telunjuk.com. Cara ini disebut dengan affiliate marketing.

“Orang yang mau bisnis online dia harus berhati-hati untuk spending. Karena kita tidak punya duit gede, makanya kita mau educate merchant lebih ke affiliate marketing. Misalnya, ada sebuah toko online, dan banyak user yang promosikan toko online tersebut. Dia (toko online) harus kasih benefit ke user ini. Saya sih lebih ke shop engine-nya, bantu merchant ini. Nanti, saya kasih user ke mereka, lalu mereka kasih saya komisi. Dari komisi itu saya share lagi ke blogger yang lain,” jelas dia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved