Songsong AEC 2015, Presiden Letakkan Kepentingan Parpol di Bawah

Jelang pemberlakuan ASEAN Economic Community (AEC), rupanya kesiapan infrastruktur ekonomi bukan faktor tunggal yang perlu perhatian. Namun, stabilitas nasional lebih krusial untuk dipertahankan. Bagaimana tidak, AEC yang akan dimulai 2015 mendatang itu berhimpitan dengan pemilihan presiden tahun 2014.

“Jika politik tidak stabil, bisnis terganggu. Tapi, meski tahun politik, jangan kehilangan momentum,” tegas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam presidential lecture “Bersama Menjaga Stabilitas Nasional" dalam Menyambut ASEAN Economic Community 2015” (18/2). Ceramah ini diberikan dalam rangka Indonesia Young Leaders Forum 2013.

Untuk melindungi kepentingan ekonomi, presiden berencana membentuk sebuah komite khusus persiapan AEC 2015. Komite nasional ini akan bertugas sepanjang 2,5 tahun ke depan dengan anggota dari jajaran pemerintah, pengusaha, dan ekonom. Dan preseiden menghimbau masyarakat umum agar ikut mendukung prosesnya.

Bicara AEC 2015, lanskap ekonomi Indonesia mengisyaratkan kemajuan menggembirakan. Sebelum 2030, kelas menengah akan meningkat hingga 135 juta jiwa dari jumlah 45 juta pada 2012 lalu. Peluang investasi pun meluas dari US$ 500 miliar pada tahun 2012 menjadi US$ 1,8 triliun menjelang 2030.

Saat AEC 2015 berlaku nanti, kawasan Asia Tenggara akan menjadi pasar tunggal (single market) yang berbasis produksi. Sementara itu, Indonesia ditargetkan menjadi pemain berdaya saing. Maka tantangannya, dibutuhkan tingkat ekonomi yang setara di tataran ASEAN. Apalagi kebijakan ASEAN Concord II (Bali Concord II) juga akan berlaku dalam rangka AFTA.

Presiden mengungkapkan rasa hormat pada rakyat yang terbukti bisa menjalankan demokrasi dengan baik sepanjang 2 Pemilu terakhir. Menurutnya, ketika kepentingan nasional memanggil, kepentingan lain menjadi nomor 2. “Kepentingan partai politik diletakkan di bawah. Ini berlaku bagi saya dan teman-teman saya, baik yang ada dalam ruangan ini maupun di luar,” tandas Yudhoyono di penghujung ceramahnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)