Strategi Binus University Dukung Smart Cities

Bermitra dengan Harvard University, University of Chicago, dan Georgetown University, Binus University menjadi tuan rumah program Common Purpose Study Abroad. Common Purpose Study Abroad adalah program yang menawarkan pengalaman kepemimpinan, membawa siswa keluar dari zona nyaman mereka dan memasuki kota baru untuk mengembangkan kecerdasan budaya mereka (CQ): kemampuan untuk melintasi batas dan berkembang dalam berbagai budaya.

Program ini akan berfokus pada topik pencapaian inklusivitas melalui pembentukan “smart cities”. Peserta terdiri dari 15 siswa terpilih dari Binus University serta 15 siswa dari Harvard University Institute of Politics, University of Chicago Institute of Politics, and Georgetown University Baker Center for Leadership & Governance di McCourt School of Public Policy.

Melalui tema yang dipilih oleh program ini, institusi berusaha untuk menjadi forum untuk membahas peluang dan tantangan di depan Jakarta karena kota ini menuju ke depan untuk menjadi kota yang cerdas di Indonesia. Binus juga menyoroti bahwa tren menuju kota cerdas juga bergerak sejalan dengan pergeseran global di mana 70% populasi dunia akan tinggal di daerah perkotaan pada 2050.

Oleh karena itu, para peserta dan pembicara tamu didorong untuk mengeksplorasi berbagai metode di mana warga negara, kota, dan organisasi dapat bekerja sama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta mencapai standar kehidupan yang layak.

“Untuk menuju kota cerdas, diperlukan sumber daya yang memiliki jiwa kepemimpinan dan pemikiran yang maju. Saya rasa Jakarta dan kota lainnya sangat membutuhkan itu untuk menuju pembangunan yang terencana dan sustainable. Kuncinya di orangnya itu,” ungkap Oswar Muadzin Mungkasa, Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Pemprov DKI.

Dengan demikian, acara Common Purpose Study Abroad menyediakan peserta dengan sumber daya dan fasilitas yang mampu mengembangkan pemimpin global yang dilengkapi dengan pikiran analitis dan solusi yang didorong oleh sikap. Untuk mewujudkan tujuan ini, Binus dan daftar mitranya telah menyusun serangkaian program agenda yang mempromosikan pemikiran kelompok dan pemikiran individual-sentris.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Dentsu Media Resmi Bersalin Nama Menjadi dentsuX

Setelah menggeluti dunia industri kreatif global sejak tahun 1999, Dentsu Media kini resmi bersalin nama menjadi dentsuX, sebuah jaringan agensi...

Close