Strategi Blibli Tumbuh 2,5 Kali Lipat Pemesanan

Pada Kuartal I/ 2019, Blibli.com mencatatkan peningkatan pemesanan produk 2,5 kali dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018 (yoy). Kenaikan didorong dari perluasan jumlah produk sebanyak 3 kali serta penambahan merchant, atau penjual, hingga 2 kali di periode tersebut.

Kusumo Martanto, Chief Executive Officer Blibli.com mengungkapkan “Customer Satisfaction First” sebagai strategi bisnisnya di tahun ini, sehingga pihaknya terus meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan di tengah pesatnya pertumbuhan industri e-commerce Indonesia.

Customer Satisfaction First mengintegrasikan enam manfaat yang selama ini Blibli.com telah berikan pada pelanggan ke dalam satu strategi yang menyeluruh. Keenam manfaat tersebut adalah biaya pengiriman gratis, pengiriman cepat, 100% barang orisinal, layanan konsumen 24 jam selama 7 hari (24/7 Customer Care), pembayaran yang aman, dan jaminan 15 hari pengembalian barang.

"Melihat perkembangann e-commerce kami memutuskan untuk mensinergikan manfaat-manfaat yang dahulu berdiri terpisah ke dalam satu strategi komprehensif, yaitu Customer Satisfaction First,” ujarnya.

Perusahaan juga mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Hal ini terlihat dari pertumbuhan jumlah produk UMKM sebanyak 6 kali. Jumlah merchant UMKM juga meningkat sebesar 2 kali selama kuartal pertama 2019, jika dibandingkan dengan periode sama di tahun sebelumnya.

"Pada bulan April, kami bermitra dengan Go-Pay untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran,"ungkapnya.

Blibl juga memperluas kemitraan online to offline (O2O), sebuah pendekatan yang membaurkan saluran online dan toko fisik, melalui program Blibli InStore dan Click& Collect. Pada akhir 2019, Blibli bermitra O2O melalui kedua program tersebut di lebih dari 20.000 lokasi toko ritel.

Blibli InStore adalah program di mana pelanggan dapat berbelanja melalui fasilitas point of sales (POS) milik Blibli.com yang tersedia di toko-toko fisik. Sedangkan untuk Click&Collect, pelanggan bisa melakukan transaksi melalui situs Blibli.com, lalu mengambil barang pembelian langsung dari toko merchant yang terdaftar.

Ia yakin bahwa mal online ini mampu mempertahankan kinerja selama setahun ini. Pasalnya Blibli.com memiliki tiga fokus utama, yang pertama adalah menyeleksi produk-produk dengan lebih cermat agar bisa semakin memenuhi kebutuhan pelanggan. Kedua, terus meningkatkan pendekatan O2O bagi kenyamanan berbelanja pelanggan, dan yang ketiga adalah menggunakan teknologi untuk memberikan pengalaman berbelanja online.

"Kami juga berencana membuka 32 gudang di akhir tahun ini," tuturnya.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)