Strategi BRI Life Menjadi Perusahaan Asuransi Lokal Terbesar di Indonesia

(Kiri-Kanan) M. Sodo Harisetyanto (Direktur Keuangan & Umum) Ansar Arifin (Direktur Operasional & TI) Rianto Ahmadi (Direktur Utama) Fabiola N Sondakh (Direktur Pemasaran) Khairi Setiawan (Direktur MSDM dan Kepatuhan) Sugeng Sudibjo (Direktur Bisnis Asuransi Korporasi dan Syariah)

Perkembangan industri asuransi kian membaik, kinerjanya pun dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Secara total premi bisnis baru bertumbuh 28,4% (yoy) menjadi Rp55,73 triliun, sedangkan total premi lanjutan meningkat 5,6% (yoy) menjadi Rp32,93 triliun.

Berdasarkan keterangan resmi AAJI, hingga akhir Juni 2017 tercatat total pendapatan premi senilai Rp88,66 triliun. Realisasi itu bertumbuh 18,8% (year-on-year/yoy)  sebab pada kuartal II/2016 total pendapatan premi industri mencapai Rp74,61 triliun.

Meningkatnya permintaan asuransi jiwa, tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku industri asuransi jiwa untuk menggarap ceruk pasar yang besar ini. BRI Life misalnya, hingga akhir tahun ini menarget pendapatan premi Rp 3,7 triliun. "Kami optimis target tersebut akan tercapai," kata Rianto Ahmadi Direktur Utama BRI Life.

Hal tersebut sejalan dengan komitmen pemegang saham mayoritas PT Bank Rakyat Indonesia, untuk menjadikan anak perusahaannya tersebut menjadi perusahaan asuransi jiwa lokal terbesar di Indonesia dalam kurun waktu tak lebih dari 3 tahun ke depan.

Rianto menambahkan setelah perubahan struktur manajemen di tubuh BRI Life, pihaknya fokus meningkatkan kinerja perusahaan untuk menjadi asuransi lokal yang terbesar di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kinerja dalam kurun waktu satu tahun ini mencatat kenaikan hingga tiga-empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya,

Berbagai upaya dan inovasi dilakukan BRI Life untuk mempercepat laju pencapaian target perusahaan, diantaranya semakin disempurnakannya layanan berbasis digital bagi nasabah, mulai dari awal pembelian hingga after sales service. Hal ini untuk memudahkan BRI Life dalam menjangkau nasabahnya, termasuk, saat ini tengah dipersiapkan pula adanya fasilitas customer portal bagi nasabah.

Selain itu dari inovasi produk terus dikembangkan, bertepatan di usianya ke-30 ini pula, BRI Life meluncurkan dua produk link berbasis syariah yakni BRI Life Link Proteksi Syariah dan BRI Life Link Optima Syariah.

Diakui Rianto, BRI Life fokus dengan induk perusahaan dalam menggarap kanal distribusi bancassurance, melalui inklusi keuangan yang suistanable yang dilakukan oleh sales forces BFA (Bancassurance Finacial Advisor) BRI Life yang saat ini berjumlah lebih dari 1000 orang BFA yang tersebar di unit-unit kerja BRI di seluruh Indonesia, dengan target penambahan BFA hingga akhir tahun 2017 mencapai sekitar 1300 BFA.

Dengan jaringan serta infrastruktur BRI yang kuat dengan jumlah nasabah lebih dari 52 juta jiwa yang tersebar di seluruh Indonesia semakin memudahkan jalan bagi BRI Life untuk mengokohkan eksistensinya di industri asuransi jiwa sebagai perusahaan asuransi jiwa lokal terbesar di Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)