Management Strategy

Strategi Garuda Tingkatkan Efisiensi

Strategi Garuda Tingkatkan Efisiensi

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan CFM Internasional untuk menyediakan mesin pesawat LEAP-1B di armada B737 MAX 8. Ini sejalan dengan kerjasama Garuda dengan Boeing Commercial Airplanes dalam pengadaan 50 pesawat B737 MAX 8 di Paris Airshow 2015 lalu.

Mesin LEAP diklaim sebagai yang tercanggih, terhandal, paling efisien dalam penggunaan bahan bakar untuk generasi terbaru pesawat “single-aisle”. Mesin tersebut menggabungkan berbagai inovasi terbaru dalam industri.

Dengan bobot yang lebih ringan dan daya tahan lebih tinggi, komponen tersebut akan menghasilkan peningkatan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar hingga 15%, penurunan emisi CO2, margin 50 persen terhadap peraturan emisi baru, tingkat kebisingan yang lebih rendah, dan biaya operasional yang lebih rendah secara keseluruhan.

Garuda-Indonesia

Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo mengatakan, pesawat B737 NG dengan mesin CFM56-7B adalah tulang punggung armada maskapai kebanggaan Tanah Air itu.

“Kerjasama penyediaan mesin tersebut adalah komitmen perseroan untuk terus menghadirkan teknologi paling modern dan mesin pesawat terefisien dalam penggunaan bahan bakar yang ada saat ini,” kata dia dalam rilisnya.

Kolaborasi keduanya berlangsung lama, sejak pengoperasian mesin CFM56-3 untuk armada Boeing 737-300 di akhir 1990-an. Hingga saat ini, hampir sebanyak 80 mesin CFM digunakan pada pesawat tipe 737 milik Garuda.

“Kami telah membangun hubungan baik dengan Garuda selama bertahun-tahun dan kami sangat menantikan momen untuk memperkenalkan mesin LEAP dalam armada Garuda Indonesia,” kata Regional General Manager of Sales for CFM International Max York.

Pesawat B737 MAX 8 merupakan pengembangan dari B737-800NG menggabungkan teknologi mesin CFM International LEAP-1B terbaru, sayap Advanced Technology dan sejumlah fitur lainnya untuk memberikan efisiensi tertinggi serta meningkatkan kehandalan dan kenyamanan penumpang di kelas armada “single-aisle”.

Pada event Paris Airshow 2015 lalu, Garuda Indonesia juga memastikan kembali pemesanan 50 pesawat narrow body tipe terbaru B737 MAX 8 yang telah dilakukan pada Oktober 2014 lalu, sebagai penggantian (natural replacement) pesawat B737-800NG yang akan berakhirnya masa sewanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved