Management Strategy

Strategi Mitsubishi Fuso Raih Pangsa Pasar 50%

Strategi Mitsubishi Fuso Raih Pangsa Pasar 50%

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), agen tunggal pemegang merek Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Bus & Truck Corporation (MFTBC) di Indonesia, membidik pangsa pasar Mitsubishi Fuso mencapai 50% pada tahun ini. Data penjualan Januari-Juli 2015 yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi Fuso mendominasi 47,3%, naik dibanding tahun lalu 46,6%.

“Lewat spirit Fuso Big Bang, Mitsubishi Fuso bisa meraih pangsa pasar 50% di tahun 2015,” kata Rizwan Alamsjah, Executive Marketing Director of MFTBC Marketing Division KTB dalam rilisnya.

Menurut dia, KTB terus berkomitmen untuk melengkapi product line up super di seluruh segmen mulai dari light duty truck (LDT), light-medium duty truck (LMDT), medium truck (MDT), dan heavy duty truck (HDT).

Kiri-kanan: Rizwan Alamsjah – Executive Marketing Director MFTBC Marketing Division KTB; Hisashi Ishimaki – President Director KTB; Kevin Bangston – Director Project Business Development Truck Fuso Indonesia; Daisuke Okamoto – Operating Marketing Director MFTBC Marketing Division KTB

Kiri-kanan: Rizwan Alamsjah – Executive Marketing Director MFTBC Marketing Division KTB; Hisashi Ishimaki – President Director KTB; Kevin Bangston – Director Project Business Development Truck Fuso Indonesia; Daisuke Okamoto – Operating Marketing Director MFTBC Marketing Division KTB

Fuso Big Bang meliputi peluncuran dua varian Tractor Head di kelas HDT yaitu FZ 4928 dan FZ 4028 dalam pameran otomotif terbesar Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2015.

Keduanya didatangkan dari prinsipal Mitsubishi Fuso dan telah dipasarkan di berbagai negara. Sejak hadir di Indonesia pada tahun 1970, Mitsubishi Fuso menjadi market leader selama 45 tahun berturut-turut dengan populasi mencapai 1,1 juta unit hingga kini.

Selama pameran berlangsung, KTB juga menghadirkan layanan purna jual baru, yakni Layanan Big Bang dengan konsep Zero Down Time. Ini satu-satunya layanan khusus kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia.

Konsep tersebut menawarkan layanan servis kendaraan tanpa mengurangi waktu operasional kendaraan, karena bisa dilakukan pada saat kendaraan tidak beroperasi. Cukup datang ke layanan Truck Center yang beroperasi selama 24 jam.

Layanan ini memberi keleluasaan waktu untuk melakukan perawatan serta perbaikan kendaraan niaga kapan saja tanpa mengganggu aktivitas bisnis. Konsumen bisa melakukan perawatan selama kendaraan sedang tidak bekerja.

“Ajang GIIAS adalah kesempatan emas untuk menunjukkan eksistensi Mitsubishi Fuso, menjadi market leader selama 45 tahun di tengah perkembangan pasar otomotif yang menjanjikan di Indonesia,” kata Hisashi Ishimaki, President Director KTB.

Selain menghadirkan Truck Center 24 Hour for Zero Down Time, selama pameran GIIAS 2015 KTB juga menghadirkan pendukung Layanan Big Bang lainnya, yaitu Mobile Workshop serta Parts Depo.

Mobile Workshop, merupakan layanan servis berjalan yang siaga memberi layanan layaknya di bengkel resmi. Pengunjung dapat melihat unit Mitsubishi Fuso yang disulap menjadi mobil servis berjalan.

Parts Depo memberi kemudahan bagi konsumen dalam mendapatkan suku cadang asli Mitsubishi Fuso. Parts Depo merupakan gudang-gudang penyimpanan suku cadang milik KTB untuk mempercepat pengadaan suku cadang.

Parts Depo biasanya ditempatkan di beberapa wilayah strategis, sehingga dapat memangkas waktu pengiriman dari pusat suku cadang yang berada di Cibitung, Jawa Barat.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved