Strategi Unilever Menggembleng Pemimpin Masa Depan

Raksasa bisnis produk konsumsi Unilever Indonesia sejak tahun 1970-an menyelenggarakan program management training untuk menggembleng para calon pemimpinnya. Empat tahun lalu, management training ini dipertajam lagi lewat Unilever Future Leadership untuk menjaring para fresh graduate dan mempersiapkan mereka dalam 3 tahun menjadi manajer. Bagaimana strategi Unilever Indonesia menggembleng calon pemimpin masa depannya? Enny Sampurno, VP Human Resources Unilever Indonesia , memaparkannya kepada Nimas Novi Dwi Arini dari SWA Online.

Unilever-Enny2

Apa strategi Unilever dalam mengembangkan people dan talent?

Salah satu startegi kami untuk memenangkan pasar adalah dengan people. Kami punya employee value performance, kami juga ingin karier yang baik untuk karyawan kami dan ingin juga menumbuhkan pempimpin dari dalam. Kami sudah memulai management training dari tahun 1970-an. Jadi, ini memang program yang sudah kami lakukan puluhan tahun. Sejak 4 tahun yang lalu management training ini kami relaunch jadi sekarang namanya Unilever Future Leadership kita saring anak-anak fresh graduate dan kami siapkan mereka dalam 3 tahun menjadi manajer.

Program apa yang sudah dilakukan untuk Unilever Future Leadership?

Apa yang kami lakukan di Unilever Future Leaders Program adalah kami membentuk pemipin masa depan Unilever dalam 3 tahun. Selama proses itu kami berikan exposure yang lebih kepada para talent ini. Kami berikan mereka tugas atau bekerja di lapangan di seluruh Indonesia ini supaya mereka paham Unilever itu tumbuh dengan harga shampo sachet yang hanya Rp 500 dengan begini mereka akan menghargai juga. Kami juga percaya akan rotasi di program ini setiap 9 bulan kami lakukan cross functional rotations jadi anak sales akan di rotasi ke marketing dan seterusnya. Kami juga langsung berikan tanggung jawab yang nyata dengan cara memberikan posisi sebagai assitant brand manager kita mulai kasih dengan brand-brand kecil dan di dalam sana tentu kami kasih counching juga. Hal lain juga yang menarik untuk generasi muda sekarang adalah kesempatan selama 6 bulan pindah ke Unilever yang berada di luar Indonesia. Kalau dalam 3 tahun ini para talent sudah siap mereka akan menjadi manajer.

Apa Unilever memandang penting sebuah rotasi?

Rotasi yang kami lakukan di sini bukan semata-mata pindah divisi dari sales ke marketing saja tapi di sini kami ingin para talent memiliki exposure yang lebih terhadap Unilever Indonesia jadi kami lakukan rotasi lintas merek. Misalnya sekarang jadi asisten manajer di Corneto beberapa bulan ke depan bisa saja dia dipindahkan ke Sunsilk. Kami punya tahapan-tahapan ya yang bisa kami sebut perfect future leaders adalah orang yang berpindah 1-2 kali dalam 2-3 tahun.

(kanan) Enny Sampurno, Unilever Indonesia (kanan) Enny Sampurno, VP Human Resources Unilever Indonesia

Bagaimana dengan program exchange employee ke luar negeri?

Kalau dulu jumlah orang Indonesia yang di kirim ke Unilever global sangat sedikit. Saat ini kami kirim 37 leader ke luar negeri sedangkan untuk orang luar yang ke Indonesia cuma 20 orang. Ini sesuatu hal yang membanggakan juga bagi kami.

Kalau saat ini hasil dari management training Unilever seperti apa?

Kalau dilihat BOD di Indonesia 70% datang dari management training yang Unilever lakukan, ini termasuk dengan Presiden Direktur kami.

Apa ada program lain yang dilakukan di Unilever?

Selain dengan Unilever Future Leaders kami juga memberikan pelajaran ataupun sesi sharing bisanya ini sifatnya lebih santai dan tidak memaksa. Jadi setiap karyawan Unilever bisa mengakses sesi sharing ini. Kami juga tidak mau selalu spoon feeding ya jadi bisa saja orang ini yang minta ke kami atau memang kami yang berikan.

Apa yang dilakukan untuk menarik gen Y?

Gen Y sekarang ini tidak bisa menunggu terlalu lama di satu pekerjaan mereka selalu ingin bergerak cepat dan kami sudah sesuaikan itu salah satunya dengan Unilever Feature Leader. Apa yang membuat menarik adalah Gen Y ini tertarik dengan program international changing. Selain itu, komunikasi dan tempat bekerja juga kami ubah menjadi lebih menyenangkan. (***)

Leave a Reply

1 thought on “Strategi Unilever Menggembleng Pemimpin Masa Depan”

Selamat buat Unilever yang telah berhasil menciptakan program Management Trainee yang hebat sehingga mampu menciptakan pemimpin perusahaan di masa depan. Saya turut bangga pernah menjadi bagian dari perusahaan ini.
by Muhammad Noer, 25 Jan 2016, 09:43

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)