Management

Super Indo Pastikan Standarisasi Keamanan Pangan Hadapi Idul Fitri

Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo

Sebagai supermarket yang tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia, Super Indo berkomitmen untuk menghadirkan produk berkualitas, sehat dan aman. Untuk menghadirkan bahan pangan segar yang sehat dan aman, menjelang Hari Raya Idul Fitri, Super Indo menjamin komoditas pangan yang berasal dari hewan yang tersedia di semua gerait elah memenuhi standar keamanan pangan sesuai regulasi pemerintah, salah satunya yaitu dengan dipenuhinya Nomor Kontrol Veteriner (NKV). Bahan pangan segar tersebut meliputi telur, susu, dan daging.

Selama ini konsumen yang berbelanja di gerai Super Indo adalah mereka yang membeli kebutuhan pokok dan barang penting lainnya menjelang Lebaran. Salah satu kebutuhan pokok yang paling diminati adalah telur ayam. “Telur ayam di Superindo 100% telur ayam yang bersumber dari peternakan yang dapat dilacak dan bersertifikat NKV sebagaimana diatur oleh pemerintah Indonesia. Super Indo juga kini telah menyediakan telur tanpa kandang sekat atau cage free egg di beberapa gerai,” ujar Johan Boeijenga, Chief Executive Officer Super Indo.

Rata-rata konsumsi telur ayam ras mengacu survei Konsumsi Bahan Pokok (VKBP) 2017 dan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019 dari Badan Pusat Statistik sebesar 18,16 kg/kapita/tahun. Sementara itu, kebutuhan telur ayam ras sampai bulan Mei 2020 diperkirakan sebesar 2.059.735 ton. Angka ini menunjukkan, telur ayam merupakan produk pangan asal hewan yang cukup diminati masyarakat Indonesiadan permintaannya terus meningkat. Oleh karena itu, Super Indo akan terus menjalankan tanggung jawab untuk menyediakan telur ayam yang aman dan berkelanjutan setiap hari di seluruh gerai.

“Telur ayam merupakan produk asal hewani yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Selain dapat dijadikan makanan pokok, telur ayam juga dapat menjadi bahan tambahan dalam membuat makanan. Oleh karena itu, kami akan berusaha menjadi tempat belanja yang lebih baik dan mengupayakan standar keamanan pangan baik dalam menyambut momen Idul Fitri ataupun setiap harinya. Kami mendorong perubahan positif, memastikan telur ayam yang kami jual berasal dari produsen yang memiliki komitmen yang sama dan telah menerapkan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah,” jelas Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo.

Selain telur ayam yang telah tersertifikasi NKV, Super Indo juga menyediakan telur bebas kandang sekat (cage-free eggs). Cage-free eggs dihasilkan dari peternakan ayam yang dibiarkan bebas tetapi di dalam rumah ayam yang besar, tanpa sekat-sekat kandang yang biasanya memisahkan ayam. Sehingga kesejahteraan ayam-ayam tersebut dapat lebih terjaga dan alami, serta dapat memberikan telur yang lebih berkualitas.

“Kami menjalankan tanggung jawab dalam mengupayakan standar kesejahteraan hewan yang layak dalam rantai pasok. Selain 100% NKV, kini pelanggan bisa mendapatkan telur bebas kandang sekat (cage-free eggs) di 15 gerai Super Indo mulai Maret 2021 dan menargetkan 100 persen gerai kami akan menjual cage-free eggs pada tahun 2022. Ini adalah upaya berkelanjutan dan kami bekerja sama dengan pemasok dan mitra. Kami berharap bisa menginspirasi pelaku ritel makanan lain di Indonesia untuk bergabung dalam gerakan kesejahteraan hewan,” Yuvlinda menambahkan.

“Selama periode Ramadan dan menyambut Idul Fitri, Super Indo juga memastikan pasokan produk tetap aman dan tersedia melalui kerja sama dan komunikasi intensif dengan para pemasok baik nasional maupun lokal, sehingga diharapkan kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik,” kata Donny Ardianta Passa, Vice President Buying & Indirect Procurement Super Indo.

Sejak tahun 1997, Super Indo tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Kini, Super Indo telah memiliki 186 gerai yang tersebar kota dan kabupaten di Pulau Jawa dan Sumatera bagian selatan termasuk supermarket waralaba dengan merek Super Indo Express yang berlokasi di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Depok.

Didukung lebih dari 9.000 karyawan terlatih, Super Indo menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari , lengkap, harga bersaing, dan lokasi toko yang mudah dijangkau. Kesegaran dan kualitas produk selalu dijaga melalui pilihan sumber yang baik dan penanganan dengan standar prosedur operasional yang selalu dipantau.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved