Swasta-Pemerintah Ciptakan Kebijakan Pro Dunia Usaha

Demi Indonesia yang maju, pemerintah dan dunia usaha tak bisa bergerak sendiri-sendiri. Keduanya perlu saling bersinergi. Demikian yang ditekankan Suryo Bambang Sulisto, Ketua Umum Kadin Indonesia, dalam pertemuan dengan para jurnalis di acara konferensi pers penyelenggaraan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Kadin 2013, di Jakarta, Senin (22/10/2013).
kadin indonesia
"Kami akan terlibat dan mendukung langkah-langkah penting yang diluncurkan pemerintah. Dunia usaha, kami harapkan bisa berkontribusi dalam pelaksanaan paket-paket kebijakan ekonomi agar stabilitas dan pertumbuhan ekonomi nasional bisa terus dipacu," ujar Suryo.

Perekonomian Indonesia untuk beberapa hal sedang berada dalam kondisi yang tidak bagus. Sebut saja nilai tukar rupiah yang melemah dan  neraca perdagangan yang defisit. Akan tetapi, tidak boleh dilupakan juga bahwa tercatat, berdasarkan UNCTAD, Indonesia masuk dalam daftar 10 negara tujuan investasi teraktraktif selama tiga tahun terakhir.

Karena itu, demi mengoptimalkan peluang yang ada, dunia bisnis harus berkolaborasi dengan pihak pemerintah. "Misi dari Kadin adalah bagaimana jadi mitra pemerintah yang efektif," sambung dia.

"Kinerja ekonomi Indonesia yang cukup baik, di samping kekayaan alam yang berlimpah dan pasar domestik yang besar, telah memberikan dorongan kuat kepada pengusaha dan investor asing berduyun-duyun mengalir ke Indonesia. Tinggal bagaimana kesiapan kita menghadapi itu, terutama terkait dengan arah sektor investasi yang tepat."

Wujud nyata Kadin sebagai mitra strategis pemerintah adalah pihaknya mengaku sedang dalam proses melakukan advokasi yang berkaitan dengan RUU Perdagangan, RUU Perindustrian, RUU Pertanahan, RUU Wajib Daftar Perusahaan, dan berbagai Permen yang dipandang Kadin memerlukan penyempurnaan. Advokasi dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif, serta agar Kadin mempunyai kedudukan dan peran yang semakin jelas dalam berbagai RUU tersebut.

“Kadin harus menjadi bagian integral dari RUU tersebut sehingga bisa memperjelas pula peran Kadin dalam pelaksanaan UU tersebut. Kewajiban pengusaha menjadi anggota Kadin juga baik untuk mengintegrasikan dunia usaha,” tegas Suryo. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)