Management

Tips Pakar Tentang Strategi UKM di 2017

Tips Pakar Tentang Strategi UKM di 2017

Tahun ini adalah momentum kebangkitan ekonomi Indonesia. Hal ini dipengaruhi salah satunya oleh beberapa paket kebijakan yang dikeluarkan di era Pemerintahan Presiden Jokowi. Memanfaatkan hal ini, para pelaku usaha harus jeli dan dapat berinovasi dan membuat produk yang bernilai.

Di tengah ekonomi yang mulai bertumbuh, siapa cepat ia akan dapat dan menjadi pemenang. “Yang juga harus diperhatikan adalah proses menjalankan bisnis. Bisnis itu bukan seperti lari sprint, tetapi marathon,” ujar Yuswohady, pakar pemasaran.

UKM Outlook 2017

Lalu, bagaimana UKMers bisa mencuri start di tahun ini? Pelaku UKM ini harus mengelola konten, tidak hanya menguatkan dari sisi konteks saja. Sebagai contoh di bisnis kuliner. Saat ini terdapat tiga hal yang mampu membuat bisnis ini menjadi tren di masyarakat. Pertama, meningkatkan branding makanan tradisional atau street food jadi modern food, seperti sate taichan. Kedua, makanan luar negeri yang rasanya sesuai dengan lidah orang Indonesia. Lalu terkait food safety.

Kemudian, Subiakto Priosoedarsono, Chairman PT Brand in Action, mengatakan, para pelaku UKM Indonesia harus mampu mengemas secara baik produknya dengan menciptakan personal branding. Pemilik usaha dapat menggunakan sistem ngebon (ngutang) bagi konsumennya, sehingga timbul kedekatan dan kepercayaan.

“Terakhir, lakukan brand hack, yaitu bagaimana dapat me-hack otak konsumen untuk terus menggunakan produk yang Anda miliki, hingga akhirnya mereka menjadi engage. Salah satu brand hack yang dilakukan adalah melalui meme yang memasukkan produk Anda. Jingle dan slogan juga ampuh menurut pengalaman saya,” tambah Subiakto.

Editor: Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved