Upaya PJB Bikin PLTU Ramah Lingkungan

Bisnis yang baik, salah satu cirinya harus ramah lingkungan. Termasuk untuk barisan pembangkit listrik milik PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB). Pengelolaan perusahaan yang ramah lingkungan ini sesuai dengan aturan perundang-undanan. Salah satu manfaatnya adalah memberi nilai tambah bagi masyarakat sekitar.

Setelah awal Desember lalu, empat pembangkit thermalnya berhasil meraih PROPER hijau, PT PJB akan menularkan keberhasilan itu pada 17 pembangkit di luar Jawa yang dikelolanya. Sebagai langkah awal, anak perusahaan PLN itu akan menjadikan PLTU Belitung sebagai pelopor percontohan pengelolaan lingkungan.

jajaran-manajemen-pt-pjb

Untuk mewujudkan, perseroan berusaha memenuhi syarat sesuai peraturan lingkungan hidup, memetakan keanekaragaman hayati, menghijaukan lingkungan pembangkit, dan pembenahan lain di lingkungan pembangkit. Upaya ini mendapat perhatian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Direktur Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Heru Waluyo turut hadir di di Dusun Suge, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung.

Menjalankan bisnis yang selaras dengan pelestarian lingkungan dan dapat menciptakan pemberdayaan yang berkelanjutan bagi masyarakat sekitar akan terus diupayakan oleh PT PJB. Untuk itulah, unit pembangkit yang dikelola PT PJB didorong untuk mengimplementasikan ISO 14001 dan mengikuti PROPER.

“Unit di Jawa yang telah mendapatkan PROPER hijau akan terus dipacu untuk mendapatkan emas. Keberhasilan di Jawa akan ditularkan ke unit di luar Jawa. PLTU Belitung kita jadikan sebagai pelopor pengelolaan lingkungan PLTU yang dikelola PJB di luar Jawa. PLTU Belitung dijadikan spirit pengelolaan lingkungan yang baik dan ditarget Proper biru tahun 2017” kata Direktur Operasi 1 PT PJB Yuddy Setyo Wicaksono dalam rilisnya.

Menurut dia, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan hari itu merupakan bagian dari upaya untuk menetralisir emisi. “Kami akan terus menggiatkan penanaman pohon di seluruh unit sebagai bagian dari upaya memproduksi energi bersih dan menetralisisr emisi,” katanya.

PROPER merupakan salah satu upaya Kementerian LHK untuk mendorong ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen informasi. Caranya, melalui insentif dan disinsentif reputasi, dan mendorong perusahaan yang sudah baik kinerja lingkungannya untuk menerapkan produksi bersih.

Tahun ini PT PJB mendapatkan empat PROPER Hijau untuk unit pembangkitan (UP) Gresik, UP Paiton, UP Muara Tawar, dan UP Muara Karang serta tiga PROPER Biru untuk Unit Bisnis Jasa Operasi dan Maintenance (UBJOM) Indramayu, UBJOM Rembang dan UBJOM Paiton.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Belitung terletak di Dusun Suge, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung dengan kapasitas 2 x 16,5 MW. Unit 1 Commercial Operation Date (COD) 8 Juli 2015 dan Unit 2 pada 12 November 2016. PLTU Belitung merupakan PLTU milik PT PLN (Persero) Wilayah Bangka Belitung yang operasi dan pemeliharaannya dilakukan oleh PT PJB.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)