Mantan Direktur Pelaksana Line Menangani GrabPay

Grab Ongky Kurniawan, Direktur Pelaksana Grabpay

Grab pada awal pekan ini menunjuk Ongki Kurniawan sebagai Managing Director Grab Pay di Indonesia. Penunjukan Ongki di posisi ini diharapkan membantu Grab Pay dalam membangun kemitraan yang kuat di seluruh ekosistem, mempercepat integrasi Kudo dengan Grab, dan melanjutkan perluasan pasar online Kudo serta jaringan mitra bisnis kecilnya.

Jason Thompson, Head of Grab Pay, mengemukakan, pasar Indonesia yang unik dan luas membutuhkan keahlian kelas dunia dan meyakini pengalaman Ongki yang mencakup sektor telekomunikasi, pembayaran, media sosial, dan e-commerce akan memperkuat manajemen Grab Indonesia. “Kami senang dengan kehadiran Ongki untuk mengembangkan Grab Pay di Indonesia dan mempercepat inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia. Pemahaman mendalam Ongki terhadap pasar Indonesia akan membantu kami dalam mengubah Grab Pay menjadi platform pembayaran mobile yang paling relevan dan paling banyak digunakan di Indonesia,” tutur  Jason di Jakarta.

Ongki akan bekerja sama dengan 150 teknisi lokal di pusat R&D Grab, serta jaringan mitra yang luas untuk membangun solusi pembayaran terbaik bagi konsumen dan UKM Indonesia, serta dapat memberikan diferensiasi di industri pembayaran Indonesia yang tergolong baru dan masih terfragmentasi. Ongki menjelaskan dirinya dan Grab sangat antusias berkontribusi untuk masyarakat Indonesia guna mendapatkan keuntungan dari ekonomi digital melalui inovasi yang diciptakan di Indonesia. “Visi GrabPay untuk membawa seluruh masyarakat memasuki ekonomi digital, mulai dari kelas menengah hingga bisnis kecil di seluruh Indonesia, adalah salah satu cara untuk membantu mewujudkan target Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, dan saya berharap dapat menjadi bagian dari perjalanan tersebut,” ungkap Ongki. Sebagai bagian dari tim kepemimpinan Grab Indonesia, Ongki berkoordinasi langsung ke Jason.

Sebelum bergabung dengan Grab, Ongki berkarier sebagai Direktur Pelaksana LINE. Sebelumnya, dia juga pernah memangku jabatan sebagai Director/Chief Digital dan Director/CTO XL Axiata, Principal di BCG, dan Credit Analyst di Citi Corporate Banking Group. Ia juga pernah menjabat sebagai Board of Acknowledge Asia dan Elevenia. Ongki meraih gelar Sarjana Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan gelar MBA Finance dan Accounting dari Haas School of Business, UC Berkeley. Ia telah menyelesaikan seluruh tingkatan (1-3) program Chartered Financial Analyst (CFA) dari The CFA Institute.

Pada Rabu pekan ini, Grab juga mengumumkan mengumumkan peluncuran program Grab Rewards  dan bergabungnya 150 merchant ke dalam ekosistem rekanan reward. Hal ini juga menunjukkan bahwa konsumen Grab memiliki daya tarik tersendiri bagi merchant. Pengunduh Grab hampir mencapai 60 juta, Grab membuka cara baru bagi para rekanan merchant untuk melakukan pemasaran melalui program loyalti terbesar di Asia Tenggara. “Hal ini merupakan kemajuan penting bagi pengembangan dompet Grab Pay,” ungkap Jason.

Program Grab Rewards yang baru dikembangkan Grab ini telah menciptakan sebuah ekosistem untuk membentuk loyalitas pelanggan. “Grab Pay pun menjadi pendorong utama pemasukan bagi rekanan kami, hal ini tentu membuat kami begitu bersemangat. Selama masa soft launch bulan lalu, sejumlah rekanan merchant kami telah berhasil mencapai target penukaran sebanyak empat kali lipat,” tambah Jason.

Grab Rewards terdiri dari empat tingkatan loyalty, yakni Platinum, Gold dan Silver untuk para penumpang utama Grab, sementara penumpang lainnya menempati tingkatan Member. Berkat katalog rekanan reward yang telah diperbarui, para konsumen di setiap tingkatan akan menerima reward yang lebih sesuai, ekslusif dan menarik berdasarkan tingkatannya dari rekanan unggulan GrabRewards seperti as Cinemaxx, Old Town White Coffee, dan Matahari Mall. Dengan perjalanan rutin dari rumah ke kantor, pengguna Grab Pay berkesempatan memperoleh sejumlah keuntungan seperti tiket bioskop dan santapan gratis  “Platform Grab merupakan sarana yang menghubungkan dan menyediakan akses, tidak hanya terhadap produk dan layanan, tapi juga ke hal-hal yang bermakna bagi mereka dan Grab Rewards merupakan cara kami berterima kasih kepada penumpang Grab atas kepercayaan mereka. Kami telah mendengarkan konsumen kami dan gembira dapat menjadikan GrabRewards lebih menyenangkan bagi mereka dengan jaringan merchant yang telah diperluas.” ungkap Mediko Azwar, Marketing Director, Grab Indonesia. (*)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)