Marketing

Ambisi BeliMobileGue.co.id di Binsis Jual Beli Mobil Bekas Daring!

Situs Belimobilgue.co.id usianya belum genap berusia satu tahun. Namun seiring dengan perkembangan bisnis otomotif, startup yang berafiliasi dengan Frontier Car Group–US Delaware LCC, aplikasi jual-beli mobil bakas Amerika Serikat– ini telah menemukan pasarnya. Dengan tagline “Jual Mobil Dalam Satu Jam”, sistem penjualan mobil daring ini diminat masyarakat, karena dianggap menjadi salah solusi yang tepat bagi khalayak yang akan menjual mobilnya secara praktis.

Menurut Rolf Monteiro, Founder sekaligus CEO Belimobilgue.co.id, sejak diluncurkan pada April lalu, platform Belimobilgue telah menjadi pembicaraan di masyarakat. Animo konsumen yang akan menjual mobil melalui situs ini meningkat. Begitu juga transaksi dari waktu ke waktu yang merangkak naik, mulai dari puluhan transaksi kemudian meningkat hingga mencapai ratusan transaksi per bulannya

Rolf menambahkan, persaingan perusahaan jual beli mobil bekas daring saat ini begitu kompetitif. Banyak sekali situs e-commerce jual beli mobil yang menawarkan berbagai kemudahan aplikasi yang bisa diakses atau dimanfaatkan konsumen. Berdasarkan data dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) penjualan mobil baru di Indonesia setiap tahunnya rata-rata mencapai 1,1 juta unit. Selain itu, diperkirakan 3,5 juta mobil bekas terjual di tahun yang sama dan 180.000 mobil bekas di antaranya ditransaksikan setiap bulannya hanya di Jabodetabek saja. Dan, adanya persaingan tersebut justru menjadikan Belimobilegue tertantang untuk membuat aplikasi dengan berbagai fitur yang memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi. “Kami membuat fitur dengan sejumlah keunggulan dan diferensiasi untuk merebut kue yang lebih besar lagi,” tuturnya.

Belimobilgue sekarang gencar melakukan penetrasi pasar. Selain meningkatkan layanan, manajemen juga melakukan berbagai publikasi lewat media-media sosial serta akan menambah cabang dan menggandeng ribuan partner. Tahun ini belimobilgue masih memiliki 20 cabang inspeksi di berbagai titik di Jabodetabek. Namun pada 2018 mendatang jumlah tersebut akan ditambah menjadi 50 cabang inspeksi dengan harapan mampu meraup customer yang lebih banyak lagi dan memperoleh kepercayaan konsumen. Untuk itulah, maka pada 2018 mendatang, Belimobilgue optimistis dengan bisa memperoleh minimal 1 persen dari 180 ribu penjualan mobil bekas di Jabodetabek per bulannya.

Belimobilgue tidak sekedar penghubung antara penjual dan pembeli. Namun lebih ditujukan pada konsep C2B (Consumer to Business) yang menghubungkan langsung konsumen dengan pedagang mobkas atau konsumen fleet. Oleh karenanya pembelian unit mobkas hanya bisa dilakukan secara tunai tidak menyediakan pembiayaan kredit. Ini yang membedakan Belimobilgue dengan situs e-commerce jual-beli mobil lainnya. Bila situs jual beli mobil sampai memajang unit mobil yang bakal dijual, sementara Belimobilgue hanya mengawal hingga proses transaksi terjadi. (Rian S)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved