Ambisi EMC Rengkuh Pasar Storage Berlanjut

Melanjutkan perjalanan bisnis storage, EMC memastikan pertumbuhan bisnis storage eksternal di Indonesia maupun di tataran dunia. Terhitung kuartal pertama hingga ketiga tahun ini, EMC Indonesia tumbuh 45% dibandingkan tahun sebelumnya di kuartal yang sama. Untuk kuartal ketiga sendiri bisnis EMC melesat 36% dibanding kuartal tiga 2011.

Adi J Rusli, Country Manager EMC Indonesia

“Kami sudah jadi nomor satu di dunia, tapi tetap akan mengejar market share,” ungkap Adi J Rusli, Country Manager EMC Indonesia. Tahun ini EMC global menguasai 30% storage eksternal. Di tahun sebelumnya, perusahaan layanan IT ini menggenggam 28,5% pasar. Persentase tersebut membuat kompetitor penguasa pasar kedua jauh tertinggal. Mengutip data International Data Corporate (IDC), kompetitor EMC hanya mengkover 11% pasar.

Meski tidak menggeluti bisnis storage internal, EMC masih memimpin pasar global dengan market share 22,7% di kuartal ketiga ini. Pesaingnya di urutan kedua dan ketiga dunia tertinggal di 18,9% dan 14,8%. Tahun lalu, 21,6% pasar storage total dikuasai EMC.

Di tahun 2011 lalu, EMC bergerak mengakuisisi 25 konsumen IT baru di Indonesia. Tahun ini hingga kuartal ketiga, konsumennya bertambah 32 institusi. “Dibilang puas ya puas, dibilang tidak ya tidak. Kami tetap masih ingin meng-grab market share lebih banyak lagi dengan mengakuisisi konsumen dari kompetitor,” Adi menjelaskan.

Di Indonesia, EMC baru bertengger di peringkat 4 atau 5 di tiap laporan kuartalnya. Adi mengklaim hal tersebut sebagai salah satu prestasi lantaran tahun-tahun sebelumnya EMC mentok di peringkat 6. “Kami puas dengan pencapaian ini, tapi masih belum puas juga karena belum jadi yang nomer satu,” lanjutnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)