Marketing Strategy

Ambisi Sharp Menjadi Market Leader TV Layar Lebar di Indonesia

Ambisi Sharp Menjadi Market Leader TV Layar Lebar di Indonesia

Sharp Electronics Indonesia (SEID) terus melakukan inovasi dan terobosan untuk memenuhi ambisinya menguasai pasar TV layar lebar di Indonesia. Bila Agustus tahun lalu telah mengeluarkan Sharp Aquos 80 inch yang merupakan TV layar lebar, kini di awal 2013 kembali memperkenalkan TV layar lebar terbesar di dunia untuk pasar Indonesia yaitu Sharp Aquos 90 inch.

Dengan ukuran tinggi sekitar 112 cm dan lebar 199 cm, Sharp Aquos 90 inch dan layar lebar sebesar 225% lebih luas atau dua kali lebih lebar dibandingkan dengan layar TV 60 inch. Sharp Aquos 90 inch menghasilkan kualitas gambar yang menampilkan konten visual yang jelas dan detail, hingga pada saat menyaksikan tayangan olahraga atau film, gambar akan nampak begitu nyata dan hidup.

Menurut Fumihiro Irie, Presiden Direktur SEID, kehadiran produk ini merupakan bukti dari DNA Sharp yang selalu berusaha untuk menciptakan produk yang selalu ingin ditiru. Produk yang dijual dengan harga Rp 199 juta/unit sebagai jawaban atas besarnya permintaan pasar pada produk TV layar besar Sharp. “Kami berharap konsumen dapat semakin puas dengan kualitas produk yang kami hasilkan sesuai dengan visi kami dalam merebut hati masyarakat Indonesia,” kata Irie.

Apalagi produk terbaru ini dari Sharp membenamkan teknologi X-Gen Panel UV2A, sebuah teknologi yang mampu mengontrol pencahayaan pada panel sehingga menghasilkan contras ratio yang maksimal dengan sumber cahaya yang rendah. Fitur AquoMotion 200/240 yang merupakan kombinasi dari ratio 100/120HZ akan memberikan efek tampilan pada gambar bergerak seperti pada tayangan film dan olah raga menjadi lebih jelas dan halus. Selain itu, Original Mode yang dapat membesarkan tampilan pada layar hanya dengan menekan 1 tombol saja memberikan pengalaman menonton seperti pada suasana aslinya.

Fitur menarik lainnya adalah 3D Depth Control, di mana fitur ini secara otomatis dapat menyesuaikan penglihatan konsumen dengan tampilan gambar yang ditayangkan pada layar TV. Bahkan Sharp AQUOS 90 inch juga dilengkapi fungsi internet yang sudah menggunakan Dual Core Processo, sehingga akses internet menjadi lebih cepat. Selain dapat menikmati program TV favorit, konsumen pun dapat menikmati beragam koneksi jaringan atau fitur hiburan lain seperti YouTube dengan aplikasi terbarunya Lean Back 3, AQUOS Net, USB Media Player, DLNA Player, dan pengalaman ber-Skype yang berbeda karena tampilannya benar-benar nyata.

Permintaaan televisi LCD (liquid crystal display) TV dengan layar besar 60 inci ke atas terus meningkat, seiring dengan pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang semakin besar. Tahun lalu misalnya sejak Januari-November 2012 penjualan TV layar besar mencapai 2.250 unit, padahal pada periode yang sama tahun sebelumnya hanya 30 unit. Menurut Ardy Manajer Produk Audio Video PT SEID, sebagian besar merupakan kontribusi dari TV ukuran 80 inci. Tahun lalu penjualan televisi LCD dengan ukuran 80 inci tersebut mencapai 176 unit/bulan atau 2.112/tahun. “Pertumbuhan pasar sangat besar, saat ini hampir semua merek agresif memasarkan televisi LCD ukuran besar,” ujar Ardy.

Menurut Herdiana Anita Pisceria, SEID Produk Marketing General Manager, pihaknya menargetkan bisa menjual sekitar 15 unit/bulan untuk seri terbaru ini. Kehadiran Sharp Aquos 90 inch juga akan semakin melengkapi varian produk yang dimiliki produsen TV asal Jepang ini. Dengan varian yang ada khususnya 60 inch ke atas, Sharp menargetkan dapat menguasai 60% pangsa pasar dan menjadi pemimpin pasar TV layar lebar di Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved