Aplikasi OLX Mengecewakan

Pengguna aplikasi OLX kecewa. Pembaruan aplikasi jual-beli online ini tak lagi user friendly. Ini terungkap dari banyaknya komentar negatif dari para penggunanya, baik pembeli maupun penjual. Sebagian besar mengeluhkan tentang proses pencarian yang semakin rumit.

“Ni aplikasi tambah ribet aja. Harusnya tuh pembaruan lebih bagus, aman, cepet, bukan tambah susah n gak jelas gini,” tulis akun dengan nama Dheny Setiawan dalam kolom komentar di Google Playstore.

Para penjual di OLX juga mengeluhkan turunnya omset mereka setelah aplikasi diperbarui. Ini karena dihapusnya fitur telepon dan SMS dan digantikan fitur chat. Mereka khawatir para pengguna aplikasi ini akan turun drastis dan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis mereka.

(t-shirt hijau) Daniel Tumiwa, CEO OLX Indonesia

“Omset turun drastic, lebih ribet bagi pemula. Pembeli tidak bisa langsung tlp/SMS penjual malah lewat chat. Ada fitur map yang ribet karena harus disetting manual tidak seperti versi sebelumnya,” tulis akun Hidayat Black Shine.

Akun Oky Prasetyo menambahkan, tampilan bar OLX sangat menyusahkan pembeli. Mereka kesulitan mencari iklan. Pencarian iklan dibatasi jarak. Ini berbeda jauh dari versi lama yang lebih mudah digunakan.

“Lama banget koneksi ke aplikasinya. Kadang web-nya juga lemot. Apa server-nya gak kuat. Soalnya koneksi ane lancar jaya buka site toko online sebelah. Update ke versi baru semakin lemot,” kata akun Irwan Pratama.

CEO OLX, Daniel Tumiwa menyebut setiap bulannya OLX memfasilitasi 1,6 juta transaksi dengan nilai total transaksi Rp 37 triliun setiap bulannya. Jumlah ini bertumbuh secara signifikan dibandingkan Desember 2015, yang hanya mencatat 1.4 juta transaksi dengan nilai Rp. 16 triliun dalam satu bulan.

Kategori produk yang dijual mulai dari properti, otomotif, gadget, hingga jasa, keperluan pribadi, hobi dan olahraga, rumah tangga, serta perlengkapan bayi dan anak. Setiap bulan, ada sekitar 4.4 juta iklan baru di e-commerce yang hanya bertugas mempertemukan penjual/pengiklan dengan calon pembeli, tidak memfasilitasi pembayaran atau proses logistik.

Menurut dia, keberhasilan penjual sangat penting untuk kelangsungan bisnis OLX. Testimoni penjual yang menyebutkan barang sudah laku dalam hitungan hari, bahkan jam atau menit sangat bermanfaat untuk memikat para penjual baru untuk memasang iklan di OLX. Dengan metode pengukuran terstruktur untuk membantu meningkatkan kesuksesan pengguna dari sisi pembeli maupun penjual.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)