Marketing

Astark, Bikin Game Bola Lebih Hidup

Astark, Bikin Game Bola Lebih Hidup

Fans sepakbola di Tanah Air tak terhitung banyaknya. Tak hanya kompetisi sepakbola dalam negeri, liga luar negeri seperti Premier League, Serie A, La Liga, Bundesliga, dan Ligue 1 sudah menjadi tontonan wajib para penikmat bola di Indonesia.

Melihat besarnya animo pecinta bola, PT Astar Asia Global (Astark), startup lokal di bidang game development meluncurkan mobile gaming app Astark: Football. Ini adalah game sepakbola pertama di Indonesia yang menggunakan konsep augmented reality (AR) trading cards. Teknologi ini memunkingkan permainan menjadi lebih hidup.

“Kami ingin membuat sebuah wadah interaksi yang unik untuk pengemar sepak bola di Indonesia melalui augmented reality (AR) trading cards game serta channel online ASTARK,” kata Founder Astark, Arthur Irawan dalam rilisnya.

game-astark

Menurut dia, pengguna bisa mengunduh aplikasi Astark secara gratis di Google Play dan membeli trading cards di situs resmi Astark dan seluruh gerai Alfamart di Jabodetabek. Satu paket kartu terdiri dari satu kartu player, satu kartu training dan satu kartu booster dengan harga hanya Rp.19,900.

Astark merupakan gabungan dari permainan sepak bola dengan konsep AR trading card games. Teknologi AR, yang dikembangkan AR&Co, perusahaan pengembang teknologi inovasi dan AR terbesar di Asia, belum pernah diterapkan pada mobile gaming app sepak bola.

Para pengguna saling berkompetisi untuk membuktikan siapa yang mampu membangun dan melatih tim terbaik dengan taktik yang brilian. Lawan akan dipilih secara acak, tetapi pemain dapat melawan pemain lain yang ada di daftar pertemanan mereka.

“Peluncuran AR Trading Card adalah bukti bersejarah, kini teknologi Augmented Reality dapat dinikmati secara masif di Indonesia, negara dengan market size terbesar ke-4 di dunia,” kata Daniel Surya, CEO dan Co-founder AR Group.

Sejak awal, dia yakin teknologi Augmented Reality akan semakin memiliki peranan penting di berbagai sektor dan tidak lama lagi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseharian. Pasar game online di Indonesia tengah berkembang pesat.

Dari data statistik Newzoo, sepanjang 2015, 52% pasar game di Indonesia didominasi game mobile. Selain itu Laporan App Annie 2015 Retrospective, jumlah pemain game mobile aktif merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dengan 30,7 pengguna. Dari seluruh pemain game mobile tersebut, 49% menghabiskan uang untuk game lebih besar dari seluruh wilayah Asia Tenggara dengan rata-rata 45%.

“Sampai saat ini belum ada mobile gaming app sepak bola yang menggunakan konsep ini. Kami dengan bangga mengklaim bahwa ASTARK merupakan mobile gaming app sepak bola pertama yang menggunakan teknologi ini,” kata Peter Shearer, Co-Founder AR&Co dan AR Group.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved