Marketing Trends zkumparan

Bangkitkan Sektor UMKM Melalui Festival Diskon Nasional

Kementerian BUMN dan sejumlah perusahaan BUMN berkolaborasi akan menyelenggarakan Festival Diskon Nasional (FDN) pada 16-31 Desember 2020. Tujuannya untuk mendongkrak animo masyarakat berbelanja produk lokal ini akan melibatkan 4 Bank Himbara, 24 BUMN & afiliasi, 65 mitra e-commerce, 5.000 merchant konvensional, 211.000 merchant UMKM, dan 5 uang elektronik.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN yang juga Ketua Tim Pengarah Penyelenggaraan FDN Loto S Ginting menjelaskan, event yang menawarkan berbagai diskon menarik dari berbagai produk berkualitas hasil merchant lokal tersebut diharapkan menjadi pemicu kebangkitan sektor UMKM untuk pemulihan ekonomi Indonesia.

Mengusung tema Beli Satu Tumbuh Seribu’, pihaknya ingin membuka wawasan masyarakat bahwa setiap transaksi belanja mereka di FDN ini akan menghasilkan efek bola salju yang besar karena bisa mendukung keberlangsung usaha lebih dari satu pelaku UMKM. Menurutnya, FDN 2020 ini merupakan event pamungkas rangkaian kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diselenggarakan pemerintah untuk meningkatkan konsumsi produk dalam negeri dan menyelamatkan ekonomi Indonesia dari tekanan pandem Covid-19. Kampanye BBI merupakan sinergi berbagai kementerian yang dikoordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN dan Perusahaan-perusahaan BUMN yang dikoordinir Bank Mandiri.

Dia menambahkan, hal yang menarik dari penyelenggaran event ini adalah bahwa penjualan produk bisa dilakukan secara online maupun offline, di mana informasi produk dan diskon yang ditawarkan, serta informasi mengenai UMKM, merchant lokal atau BUMN yang berpartisipasi dapat diakses pada website.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, lanjutnya, ajang FDN ini juga disemarakkan dengan berbagai kegiatan yaitu: talkshow, workshop, fashion showcase, flash sale, live shopping, lelang, dan virtual concert, yang akan menawarkan pengalaman belanja yang unik dan menguntungkan.

Loto menyebutkan, pihaknya mengharapkan event ini dapat menghadirkan dampak post-event yang signifikan, di mana merchant lokal berkualitas akan semakin dikenal dan transaksi belanja justru meningkat sesudah event berakhir.

Sementara itu Anggota Tim Pengarah Penyelenggaraan FDN yang juga Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengungkapkan, kampanye pre-event Festival Diskon Nasional telah dimulai pada pada event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 11-12 Desember 2020 melalui kerja sama dengan iDea (Indonesian E-Commerce Association).

Rangkaian berlanjut dengan kolaborasi bersama HIPPINDO (Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia) melalui program Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang diselenggarakan pada tanggal yang sama yaitu 16-31 Desember 2020.

“Kami juga bersinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan turut melibatkan pengrajin-pengrajin binaan Dekranas dalam Bazar Milenial. Di samping itu, kami juga menggandeng Rumah BUMN dan pasar digital Padi UMKM untuk mendapatkan partisipas pelaku UMKM yang benar-benar potensial dan berkualitas, “katanya.

Pada FDN 2020, seluruh merchant dan mitra pendukung, baik dari Himbara maupun platform e-commerce dan uang elektronik akan memberikan penawaran terbaik untuk berbagai program diskon maupun cashback yang menarik dengan harga khusus.

Dia mengatakan, seluruh merchant yang menawarkan produknya dalam ajang ini telah dikelompokkan dalam 7 kategori, yakni Fashion, Craft, Food & Beverages, Health & Beauty, Hobby & Lifestyle, Tourism, dan Telco. Adapun pemilihan kategori ini didasarkan pada produk-produk yang saat yang banyak mendapatkan respons dari masyarakat. Harapannya, produk-produk ini memang dapat menarik minat masyarakat untuk berbelanja di ajang ini karena memang sesuai dengan kebutuhan dan dapat diperoleh dengan harga yang relatif terjangkau.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved