Marketing

BMW Serius Garap Segmen Mobil Bekas

BMW Serius Garap Segmen Mobil Bekas

BMWPotensi pasar mobil bekas premium yang cukup menggiurkan, membuat BMW Indonesia meliriknya, terlebih tahun ini pasar otomotif roda empat diperkirakan naik dan makin seksi. Untuk itu, PT Astra Autoprima (AA)–anak usaha Grup Astra ini, BMW—sejak dua tahun lalu telah membuka show room mobil khusus BMW dan siap melayani konsumen yang ingin memiliki mobil seken asal Jerman tersebut.

Menurut Manajer Cabang Astra Autoprima Sunter, Terry Tham, tahun ini pihaknya manargetkan penjualan naik 15% dibanding tahun lalu. Pada 2016 lalu, Astra Autoprima berhasil menjual 110 unit BMW bekas pakai, dan untuk tahun ini target sekitar 125-an unit. Angka tersebut memang bukan suatu pencapaian yang luar biasa. Namun, untuk tahun-tahun mendatang seiring dengan ekspansi usaha Astra Autoprima, penjualan akan sesuai dengan yang diharapkan. “Segmen pembeli BMW rata-rata pengusaha, pebisnis yang sensitif dengan kondisi sosial, ekonomi dan politik di Indonesia. Mereka melihat sesuatu dengan jangka panjang. Semua tinggal kembali bagaimana kita mengemasnya, supaya ketika customer melakukan proses pembelian mereka merasa aman, merasa percaya, membeli kepada siapa dan dengan kondisi seperti apa,” ujar Terry.

Terry menambahkan, gerai penjualan mobil bekas di bawah Grup Astra dan BMW Indonesia ini memiliki perbedaan dengan gerai-gerai lain yang menjual produk mobil serupa. Menurut Terry, kelebihan yang ditonjolkan Autoprima adalah garansi satu tahun kepada para pembeli. Garansi ini seperti lazimnya warranty yang dilakukan dealer BMW dalam pembelian mobil baru. “Garansi disini ialah garansi mesin selama setahun,” katanya (Rabu 22/2).

Selain itu, pihaknya menjamin bahwa mobil yang dijual di Astra Autoprima sangat bagus. Kendati dalam kondisi bekas, sebelum dijual sudah melewati beberapa uji coba, sehingga mobil yang dijual dijaimin kualitasnya. Technical inspection, teknik pengecekan tersebut dilakukan mulai dari airbag sampai busi, riwayat kendaraan selama pemakaian, dan jumlah kilometer yang tidak melebihi 60 ribu, interior hingga ban. “”Kami menyebutnya inspeksi 360 derajat, di mana pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh berdasarkan standar BMW global,” turut Terry.

Perusahaan tersebut juga memberikan layanan gratis selama 24 jam jika mobil bermasalah. Mobil akan dipastikan tidak pernah mengalami kecelakaan, maupun terendam banjir. Selain juga layanan 24 jam jika mobil mengalami masalah, konsumen juga diberikan program trade-in atau membeli mobil BMW bekas, dari pemilik BMW.

Saat ini Astra Autoprima baru memiliki dua showroom yang terletak di Sunter, Jakarta Utara dan Surabaya. Dalam waktu dekat pihaknya kembali akan membuka gerai lainnya di kawasan Jakarta Selatan. (Rian S)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved