Marketing Strategy

BNI Gandeng JCB Terbitkan Kartu Kredit

Oleh Admin
BNI Gandeng JCB Terbitkan Kartu Kredit

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menggandeng satu-satunya penyedia jasa pembayaran kartu kredit berskala internasional yang berbasis di Jepang, yaitu Japan Credit Bureau (JCB) International Co Ltd, untuk bermitra menerbitkan kartu kredit. Kerja sama kedua belah pihak ditandai oleh penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Darmadi Sutanto, Direktur Konsumer & Ritel BNI

Darmadi Sutanto, Direktur Konsumer & Ritel BNI mengatakan, kolaborasi BNI dengan JCB ini merupakan terobosan baru untuk memperdalam basis nasabah di sektor ritel. Kerja sama ini diharapkan akan meningkatkan tingkat kepemilikan kartu kredit BNI, sehingga pada akhirnya akan menambah masuknya dana murah ke BNI. “Kami percaya, kerja sama ini akan mampu mendorong keinginan publik untuk mencoba produk baru dari BNI,” ujar Darmadi.

Sementara bagi JCB, kerja sama ini dapat memberikan manfaat, yakni mengembangkan tingkat kepemilikan kartu kredit di Indonesia melalui jaringan BNI yang sudah mencatatkan 1.636 outlet dan 8.279 ATM di seluruh Indonesia. Penerbitan kartu kredit yang berlogo JCB ini diharapkan dapat menangkap peluang penggunaan kartu kredit dan kepemilikan baru pada kelompok masyarakat Jepang yang bekerja di Indonesia, nasabah BNI asal Jepang, komunitas orang Jepang di Indonesia, dan masyarakat pecinta produk Jepang di Indonesia.

Target pasar kartu kredit BNI berlogo JCB itu diharapkan dapat tercapai karena BNI sudah dikenal sebagai salah satu bank yang ada pada posisi teratas penerbit kartu kredit di Indonesia, baik dalam hal jumlah kartunya maupun merchant. Kekuatan jaringan yang dimiliki BNI itu dipadukan dengan jaringan JCB yang saat ini telah menerbitkan kartu kredit di 16 negara dengan 79 juta pengguna, serta dapat digunakan di 23 juta merchant di 190 negara.

Selain itu, kerja sama ini juga akan membantu JCB untuk memasuki pasar lebih dalam sejak kehadirannya di Indonesia pada tahun 1983. Kerja sama ini juga diharapkan akan mampu memicu keinginan pengguna kartu kredit JCB di Jepang, China, Korea, Taiwan, dan negara-negara Asia lain untuk melakukan perjalanan ke Indonesia, sehingga BNI akan dapat meningkatkan pelayanan jasa perbankannya seiring perekonomian yang terus tumbuh.

“Kami senang bahwa BNI, sebuah bank yang prestisius di Indonesia, telah menjadi rekan kerja kami. Saya yakin bahwa nama BNI yang terpercaya dengan kuat di mata masyarakat Indonesia dan dipadu oleh layanan berkualitas berciri khas Jepang yang kami miliki akan menciptakan nilai tambah bagi nasabah di Indonesia. Kami berkomitmen untuk secara aktif menanamkan modal dan membawa keahlian kami dalam kualitas pelayanan dan teknologi yang kami kembangkan di dunia ke industri pembayaran di Indonesia,” Kimihisa Imada, Deputy President of JCB International menambahkan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved