Boy Kelana Soebroto, Terus Gaungkan Kontribusi Astra bagi Bangsa

Januari 2018 bisa jadi merupakan bulan istimewa dalam perjalanan karier Boy Kelana Soebroto. Pada bulan itu, Boy diberi amanah lebih besar: menjadi Kepala Divisi Komunikasi Korporat PT Astra International Tbk., menggantikan pejabat sebelumnya, Yulian Warman. Boy ditunjuk bersama timnya untuk mempertahankan dan terus menggaungkan citra positif Astra sebagai perusahaan otomotif terbesar di negeri ini yang peduli terhadap nasib bangsa.

Boy Kelana Soebroto, Kepala Divisi Corporate Communications Astra

Corporate Communications lebih banyak menyampaikan atau mengomunikasikan apa tujuan Astra sebagai sebuah perusahaan yang sudah 61 tahun. Astra sangat tumbuh bukan hanya bisnisnya, tapi juga kontribusi sosialnya dan kebermanfaatannya untuk masyarakat luas. Tugas kami sebagai Corporate Communications untuk mengomunikasikan hal itu,” pria kelahiran 1972 itu menjelaskan.

Sejatinya, Boy bukanlah sosok baru di Astra. Ia sudah bergabung dengan Astra sejak 2008. Awal bergabung dengan Astra, ia ditempatkan di bagian komunikasi korporat. “Saya masuk Astra tahun 2008. Waktu itu, saya di-plot sebagai manajeruntuk Head of Internal Relations Department Astra. Tantangannya, waktu itu Corporate Communications Astra masih fokus di eksternal, seperti ke bagian media relations. Internalnya saat itu sedang dibangun,” kata Boy yang sebelum bergabung di Astra pernah bekerja di perusahaan periklanan.

Karena kinerjanya dinilai bagus, sekitar lima tahun lalu, Boy didapuk sebagai general manager, masih di bidang komunikasi korporat. “Di Astra ada program leadership yang berjenjang: Astra Attachment Program, Astra Middle Management Program, Astra Senior Middle Manager Program, Astra General Manager Program, dsb. Nah, saya sudah mengikuti jenjang tersebut dan tahun 2013 atau 2014 saya diangkat menjadi GM,” Boy menjelaskan.

Namun, pada saat itu ia masih menjadi Deputi Kepala Divisi Komunikasi Korporat Astra. “Saya bersama Pak Yulian mengembangkan Divisi Corporate Comunications. Baru awal tahun ini saya diangkat menjadi Kepala Divisi Corporate Communications Astra. Jadi, menjabat sebagai GM hampir lima tahun terakhir,” kata Boy yang memegang dua sertifikasi dalam bidang public relations, yaitu dariPerhumas Indonesia dan LSPPRI-Indonesia Public Relations Certification Agency & BNSP.

Lalu, kegiatan besar apa saja yang pernah ditangani Boy? Menurutnya, perhelatan SATU Indonesia Award (SIA) merupakan salah satu kegiatan besar yang ditanganinya bersama tim. Saat pertama kali dihadirkan pada 2009, program ini hanya sebagai gerakan internal. Saat itu, namanya SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia), yang bertujuan menjadi payung untuk kontribusi sosial Astra.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)