C2live Bantu Penulis Terkoneksi dengan Merek

E-marketer dan IAB Singapore memprediksikan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk iklan digital di Asia Tenggara akan meningkat 20,4 persen tahun ini.

Menurut laporan eMarketer lainnya di 2017, konten akan tetap menjadi ‘raja’ dalam pasar iklan digital Asia Tenggara, namun jumlah ROI (Return of Investment) justru semakin mengecil karena operator yang ada sekarang relatif lambat untuk berinovasi. "Kami paham bahwa brand dan penerbit (publishers) yang sedang menembus pasar Asia Tenggara membutuhkan konten berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan pasar lokal. Namun, mereka belum tahu cara yang tepat untuk membuat dan mendistribusikan konten tersebut,” ujar Enricko Lukman, COO C2live.

Namun saat yang bersamaan, pihaknya menyadari masih belum banyak pihak yang memberikan pelayanan penuh terhadap ekosistem blogger dan kreator konten Indonesia. Maka dari itu, C2live ingin membantu mereka memecahkan berbagai tantangan di profesinya, membantu mereka mempertajam karyanya, hingga mendorong mereka untuk membangun karir yang sesuai dengan passion.

C2live merupakan tools yang dikembangkan oleh perusahaan content marketing asal Indonesia, Content Collision (C2).
Tools ini berfungsi untuk menciptakan portfolio secara gratis bagi para kreator konten, sekaligus menjadi mesin untuk brand dan penerbit (publishers) yang berkeinginan untuk menyelenggarakan lomba blog dan mengkomunikasikan pesan brand mereka melalui blog-blog yang cukup berpengaruh.

C2 kini sedang mengadakan lomba untuk berbagai perusahaan terkemuka, seperti co-working space EV Hive dan mesin pencarian travel global Skyscanner. Para blogger yang berpartisipasi berkesempatan mendapatkan hadiah tunai, souvenir, dan sebagainya. Juga,  mengizinkan mitra-mitranya untuk menggunakan platform C2live untuk menyelenggarakan dan mengelola lomba secara mandiri tanpa biaya. Pengguna yang mendaftar di C2live juga berkesempatan dihubungi C2 untuk bekerja sama dalam proyek media lokal maupun internasional.

Lomba blog via jaringan kreator konten C2 ini dimulai pada 5 Agustus dan ini merupakan platform dari C2live yang dirancang untuk membangun dan melayani ekosistem kreator konten di Asia Tenggara.

Lomba blog merupakan suatu kegiatan yang rutin dilakukan dalam ekosistem blogger Indonesia. Pemilik usaha seringkali menggunakan lomba blog sebagai metode baru untuk menyebarkan pesan mereka dalam bentuk konten yang mendalam. Berkat kebebasan menulis dalam blog, para peserta bisa dengan leluasa mencurahkan tulisan mereka dalam format yang kreatif, seperti memasukkan infografis dan juga video di dalam artikel. Hal ini memperkaya pengalaman membaca dan memberikan pemahaman yang lebih kuat seputar nilai unik brand kepada target pasarnya. Lomba blog juga merupakan metode efektif untuk membangun backlink di internet, yang akan memperkuat nilai SEO brand.

Brand juga bisa bereksperimen dengan berbagai strategi dan konsep saat mengadakan lomba blog.  Dan EV Hive telah mengundang blogger-blogger yang berpengaruh untuk mendaftar di lomba blognya melalui C2live. Pada fase pertama lomba blog kemarin, EV Hive juga mengizinkan blogger-blogger lokal untuk datang ke seluruh lokasi EV Hive di wilayah Jakarta untuk menggunakan fasilitasnya secara cuma-cuma dan membagikan pengalaman mereka dalam postingan blog. Total hadiah yang bisa dimenangkan sebesar Rp20 juta dalam bentuk tunai.

Mesin pencarian travel global Skyscanner juga tengah mengadakan kontes untuk komunitas blogger Tanah Air di C2live. Perusahaan ini akan memberikan hadiah total sebesar Rp 33 juta dalam bentuk voucher perjalanan kepada para pemenang.

Kedua kontes sedang berjalan, dan akan berakhir pada bulan Oktober dan November. Juri yang diundang kali ini berasal dari kalangan komunitas blogger, seperti Haya Aliya Zaki, Deddy Huang, dan Vicky Laurentina. EV Hive dan Skyscanner mengundang blogger-blogger lokal untuk ikut serta dalam kompetisi dan membagikan cerita-cerita inspirasional mereka.

“Skyscanner Indonesia membantu masyarakat Indonesia untuk travel lebih cerdas dan hemat,” ujar Yulianto Balawan, Senior Marketing Manager Skyscanner. Menurutnya blogger Indonesia pasti memiliki banyak inspirasi, tips, dan juga pengalaman travelling yang sangat berguna untuk lebih banyak orang. Oleh karena itu, Skyscanner Indonesia beserta C2live mengadakan kompetisi blog yang bertema ‘Aha’ moments saat travel (#ahaskyscanner)yang tidak hanya menguji kreativitas menulis, tapi juga dapat membantu mencari inspirasi baru baik dalam travelling maupun dalam hidup.

Walaupun brand bisa memilih untuk bekerja sama dengan agensi C2 untuk mengadakan lomba via C2live, perusahaan tersebut mengatakan bahwa calon mitra bisa memilih untuk mengadakan dan mengelola lomba blog secara gratis. Untuk ini, pemilik usaha disarankan untuk menghubungi C2.

Kini, C2live  memiliki sekitar 10.000 pengguna. Selain berfungsi sebagai mesin untuk brand dan publisher yang ingin menjalankan lomba blog dan menempatkan pesan brand ke dalam blog yang cukup berpengaruh, C2live juga berfungsi untuk menciptakan portfolio secara gratis bagi para kreator konten. Juga,  mampu mendatangkan dan membantu berbagai klien-klien komersial seperti Blibli.com, Lazada Indonesia, Zomato, MatahariMall, Evercoss, dan banyak lagi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)