Marketing Strategy

CIMB Niaga Targetkan Transaksi Kartu Kredit Rp22 Triliun

CIMB Niaga Targetkan Transaksi Kartu Kredit Rp22 Triliun

Tren pengguna kartu kredit terus meningkat. Samal halnya dengan pengguna kartu kredit CIMB Niaga, naik dari 15 % tahun 2014 menjadi 20 % memasuki tahun 2015. Demikian yang disampaikan oleh, Bambang Adi Karsono, Head of Card and Merchant Business Consumer Banking CIMB Niaga.

privilave card nissan juke - cimb niaga

Menurut Bambang, untuk tahun 2015 ini pihaknya mematok target transaksi dengan kartu kredit mereka bisa mencapai Rp 22 triliun, “Hingga april 2015 sudah tercatat Rp 7 triliun, kalau dikalikan tiga (kuartal) maka sudah bisa capai Rp 21 trilun, sisanya Rp 1 triliun akan masuk saat liburan sekolah, lebaran dan liburan akhir tahun,” jelas Bambang.

Selama kuartal I 2015, CIMB Niaga telah mengeluarkan 1,800 buah kartu kredit, “Itu komposisinya 50 % yang platinum ke atas dan 50% platinum ke bawah,” ungkap Bambang. Hingga akhir 2015 pihaknya menargetkan akan terbitkan 250 ribu kartu baru.

Saat ini NPL CIMB Niaga berada pada angka 1,2%, sedangkan rata-rata industri berada dikisaran 2,1 %, “Sampai akhir 2015, kami yakin NPL tidak akan lebih dari 1,4 %, “ ujar Bambang optimis.

Pangsa pasar kartu kredit CIMB Niaga sudah mencapai 11 %. Guna meningkatkan pangsa pasara tersebut, CIMB Niaga bersama PT Nissan Motor Indonesia dan Master Card, meluncurkan Juke Privilage Card.

“Kartu ini menawarkan sejumlah keuntungan seperti cicilan 0 %, diskon belanja di berbagai merchant serta menawarkan nilai tukar rupiah yang kompetitif untuk transaksi valuta asing,” jelas Bambang.

Dia mengklaim, kartu ini sudah memiliki pasar potensial “Saat ini sudah ada 30 ribu anggota komunitas Nissan Juke di Indonesia selain itu, penjualan Nissan Juke, berkisar 200 – 300 unit per bulan, itu semua potensi pasar kartu ini, “ jelas Bambang.

Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication PT Nissan Motor Distributor Indonesia, menjelaskan, Nissan Juke memang hadir sebagai produk mobil yang unik sehingga membuat para penggunanya merasa terikat satu sama lain. “Mereka membentuk komunitas selalu menginginkan pelayanan khusus disetiap tempat,” jelas Budi.

Profil pengguna Nissan Juke adalah anak muda yang senang bersosialisasi tetapi tetapi tetap taat aturan, dengan pendapatan di atas Rp 10 juta per bulan. “Sehingga mereka ini bisa dikategorikan pengguna kartu kredit platinum, “ ujar Budi. Hingga akhir tahun 2014, menurut Budi, ada sekitar 40 ribu unit Nissan Juke yang berlalu lalang di jalanan di seluruh Indonesia.

Menurut Bambang, kegiatan akuisisi kart kredit melalui komunitas atau organisasi merupakan sebuah langkah baru dan inovatif, “Ini pertama kalinya kami masuk ke komunitas, jadi bisa dibilang ini juga bagian dari strategi pemsaran lah,” ungkap Budi. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved