Marketing Strategy

Citilink Mantapkan Diri sebagai Leading LCC

Albert Burhan, Hans Nugroho, dan Benny S Butarbutar.

Albert Burhan, Hans Nugroho, dan Benny S Butarbutar.

Berdasarkan sejumlah data terbaru, maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia mendapat hasil positif dalam hal operasional. President & CEO Citilink Indonesia, Albert Burhan, menyampaikan indikator pertumbuhan tersebut. “Pada akhir Mei 2015, Citilink telah mengalami kenaikan jumlah penumpang sebesar 36,9% dibandingkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Jumlah penumpang yang diterbangkan pada Mei 2014 sebanyak 581.000 penumpang, sedangkan pada Mei 2015 sebanyak 796.000 orang,” ungkap Albert. Citilink juga menargetkan jumlah penumpang mencapai 11,2 juta orang di akhir tahun 2015.

Jumlah pesawat jenis Airbus A320 yang menjadi armada Citilink pun bertambah sampai dengan 35 pesawat pada Mei 2015, atau meningkat 45,8% dibandingkan pada Mei 2014 yang baru 24 pesawat. Untuk frekuensi penerbangan meningkat sebesar 39% dari rata-rata per bulan 4.120 frekuensi terbang, menjadi sebesar 5.516 frekuensi. Sementara tingkat isian penumpang (seat load factor-SLF) mengalami peningkatan dari 79,8% menjadi 80,8%.

“Citilink terus tumbuh dan ingin dapat berpacu melebarkan ekspansi bisnis pada tahun-tahun mendatang hingga memantapkan diri sebagai leading LCC di pasar nasional maupn region,” tambah Albert.

Chief Commercial Officer Citilink Indonesia, Hans Nugroho , menambahkan, berbagai kerja sama strategis juga dilakukan Citilink demi menambah pelanggan baru dan meningkatkan kepercayaan kepada pelanggan setia. Setelah Citilink bekerja sama dengan jaringan ritel minimarket yang menjadikan Citilink punya 32.000 gerai untuk pembelian dan pembayaran tiket, kali ini Citilink bekerja sama dengan jaringan perbankan nasional yang akan memberikan promosi cicilan 0%.

Masa periode mudik Lebaran juga diperpanjang hingga tanggal 27 Juli 2015. Dalam teknisnya, Citilink sudah melakukan pengecekan semua pesawat agar tidak ada yang bermasalah. Selain itu, semua SDM baik pilot, pramugari dan para teknisi tidak ada yg cuti agar bisa menyediakan angkutan dalam moment lebaran ini dibandingkan tahun sebelumnya. Kemudian kapasitaas juga ditambah, dari 190 penerbangan di hari biasa untuk rute seluruh indonesia, kini menjadi sekitar 220 penerbangan. Jadi ada penambahan sebesar 19%.

Di momen Lebaran tahun ini Citilink memberikan penawaran diskon 10 % untuk pembelian yang dilakukan melalui website dan mobile apps Citilink, serta diskon hingga 25% untuk penumpang anak usia di bawah12 tahun. Albert mengaku dari segi harga Citilink sudah terjangkau, kini hanya tinggal meningkatkan kualitas pelayanan. Hal tersebut menjadi salah satu strategi lain yang dilakukan Citilink. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved