Marketing Strategy

Coffee Shop Lokal Ini Siap Bersaing dengan Starbucks

Geoffry Samuel (kanan) Head of Marketing PT Maxx Coffee Prima, dan Maddy Kusuma, Marketing Manager Senior Maxx Coffee. (Foto: Syukron Ali/SWA)

Geoffry Samuel (kanan) Head of Marketing PT Maxx Coffee Prima, dan Maddy Kusuma, Marketing Manager Senior Maxx Coffee. (Foto: Syukron Ali/SWA)

Dewasa ini coffee shop tengah tumbuh pesat di kota-kota besar di Indonesia. Mayoritas mengusung konsep vintage yang sangat nyaman untuk bersantai ataupun private meeting dengan business partner. Baik itu coffee shop lokal maupun pemain asing, seperti Starbucks.

Salah satu pendatang baru yang siap head to head dengan Starbucks adalah Maxx Coffee. Dari warna logo dan lokasi outlet nya, nyaris mirip dengan coffee shop asal Amerika Serikat itu.

“Sekilas memang sama, tapi kami tidak meniru. Sebab, sebelum membuka Maxx Coffee kami lakukan survey terlebih dahulu ke konsumen tentang konsep coffee shop yang mereka dambakan,” jelas Geoffry Samuel Head of Marketing PT Maxx Coffee Prima di Plaza Semanggi Jakarta (3/3).

Selain mengusung konsep vintage yang menjadi primadona masyarakat urban. Geoffry menjelaskan perbedaan Maxx Coffee dengan kompetitor lain adalah pada karakterisrik kopi yang disuguhkan.

Umumnya, cita rasa kopi yang ditawarkan kompetitor dengan rasa yang pahit. Maxx Coffee menepis bahwa sejatinya rasa kopi tidak selalu pahit. Untuk itu, kopi yang ditawarkan di Maxx Coffee sangat beragam dengan kualitas kopi Arabica grade A yang mayoritas 70% menggunakan kopi dari daerah Indonesia.

Seperti Red Velvet kopi dengan campuran coklat, butter cream dan vanilla, Dirty Red Velvet yang ditambah shot espresso di dalamnya dan juga Manuka Honey Coffee. Kopi dengan campuran madu Manuka dari New Zealand.

“Kami juga punya menu Hibiscus tea, minuman teh dari bunga rosella merah dan sari lemon yang menyehatkan dan bermanfaat dalam proses peremajaan sel tubuh,” sambung Maddy Kusuma, Marketing Manager Senior Maxx Coffee.

Diakui Geoffry, untuk perluasan pasar, Maxx Coffee masih mengandalkan jaringan Lippo Group dengan mall-mall dan wilayah jaringan Lippo Mall yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Hingga sekarang, jumlah outlet yang sudah berdiri sebanyak 50 outlet.

Di tahun 2016 ini, Maxx Coffee ditargetkan mencapai 180 outlet diseluruh kota di Indonesia. Geoffry optimis dengan perluasan oultel dan Barista handal yang dimilikinya, Maxx Coffe bisa menjadi coffee shop kebanggaan masyarakat Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved