Business Research Marketing Trends

Dampak Kampanye Iklan RedDoorz terhadap Brand Awareness

Data konsumen Jakpat, lembaga riset pemasaran yang berbasis di Jakarta, memaparkan bahwa, RedDoorz menjadi merek hotel yang paling diingat di tengah persaingan segmen travel di Indonesia yang sangat ketat. Brand awareness RedDoorz meningkat secara konsisten sepanjang tahun dan mencapai puncak daftar top-of-mind awareness tertinggi di November 2019.

Peningkatan ini sebagian besar disebabkan oleh peluncuran kampanye #BisaAja, yang kemudian dinobatkan oleh YouGov, perusahaan riset dan analisis data pasar internasional sebagai “Ad of the Month” pada November 2019 . YouGov mencermati terjadi peningkatan signifikan merek RedDoorz dalam brand awareness dan buzz di BrandIndex, yang masingmasing melonjak +14,4 poin dan +7,8 poin.

Head of Research Jakpat, Aska Primardi mengatakan, pihaknya baru-baru ini mengadakan penelitian mengenai Preferensi Hotel oleh Milenial tahun 2019, yang mana hasil ini mendukung data dari Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa tingkat hunian hotel bintang 3+ dari Januari hingga November 2019 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penyebab utamanya adalah semakin banyak wisatawan, khususnya kaum milenial, yang mencari hotel di berbagai virtual hotel operators dewasa ini.

Country Marketing Director RedDoorz Indonesia, Sandy Maulana menyampaikan bahwa kampanye #BisaAja memberikan dampak yang besar. Menuurtnya, RedDoorz meluncurkan kampanye ini untuk membantu meringankan dan menghilangkan pengalaman kurang menyenangkan yang dialami wisatawan Indonesia. Upaya tersebut dengan meyakinkan bahwa mereka akan mendapatkan pengalaman bepergian yang nyaman dan tanpa rasa khawatir bersama dengan RedDoorz, dan mendapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan selama perjalanan, baik perjalanan bisnis, keluarga, atau sekadar liburan.

“Tidak hanya sisi merek saja yang mendapatkan hasilnya, namun hal tersebut juga memengaruhi bisnis kami dengan peningkatan jumlah pemesanan, baik dari pengguna baru maupun pengguna setia kami sepanjang kuartal keempat,” tuturnya.

Kampanye #BisaAja yang berlangsung sejak Oktober hingga Desember 2019 lalu, berhasil meraih perhatian dan penerimaan positif dari masyarakat melalui komunikasi yang disampaikan secara jenaka untuk menjawab berbagai permasalahan wisatawan Indonesia ketika mencari, menginap dan memesan hotel. Iklan komersial #BisaAja RedDoorz telah disaksikan oleh lebih dari 14,8 juta penonton di YouTube, dan lebih dari 1,5 juta orang menyaksikannya di akun Instagram serta jutaan lainnya yang telah menyaksikan iklan tersebut di televisi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved