Marketing Strategy

Ekspor Toyota Sudah Capai 70% Target

Ekspor Toyota Sudah Capai 70% Target

Bukan main senangnya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Ekspor kendaraan utuh (CBU/Completely Built Up) bermerek Toyota ke berbagai negara selama 8 bulan pertama 2015 (Januari-Agustus) sudah mencapai 122.000 unit atau sekitar 70% dari target tahun ini sebesar 175.000 unit.

“Hingga saat ini kinerja ekspor kami sesuai dengan rencana. Kami harapkan, dalam empat bulan ke depan performa ini bisa terjaga, sehingga target dapat dicapai sesuai dengan harapan,” kata Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, I Made Dana Tangkas dalam rilisnya.

Secara keseluruhan, volume ekspor CBU Januari-Agustus 2015 ini mengalami peningkatan sebesar 25% dibandingkan periode yang sama di tahun 2014 sebanyak 97.000 unit. Ini juga berkat kerja bagus seluruh rantai suplai terutama para pemasok yang telah membantu pencapaian ekspor ini.

toyota

“Tanpa adanya sinergi dirantai operasi Toyota Indonesia dan grup, maka kinerja ekspor yang baik ini tidak dapat diwujudkan dengan baik,” katanya.

Dari data penjualan ekspor, Fortuner tercatat sebagai mobil terlaris dengan angka pengiriman pasar global mencapai 34.000 unit. Vios menempati posisi kedua dengan volume sebanyak 33.000 unit.

Sedangkan Kijang Innova memberi kontribusi sebanyak 12.000 unit. Model lainnya yang tidak kalah diminati konsumen mancanegara yaitu Avanza, Town Ace/Town Lite, Agya, Rush, dan Yaris berhasil membukukan volume ekspor sebanyak 43.000 unit.

Selain CBU, kinerja ekspor kendaraan terurai (CKD/Completely Knock Down) tercatat sebanyak 29.000 unit, mesin utuh bensin sebanyak 29.000 unit, mesin utuh etanol sebanyak 7.000 unit, dan komponen kendaraan 39 juta buah. Tercatat lebih dari 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika menjadi daerah tujuan ekspor Toyota Indonesia.

Toyota Indonesia berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia sesuai dengan semangat Toyota Berbagi (Bersama Membangun Indonesia) melalui penyediaan produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, menjadi bagian dari perkembangan industri otomotif nasional, serta berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved