Marketing Strategy

Di Balik Agresivitas Etude House Ekspansi

Di Balik Agresivitas Etude House Ekspansi

Demam Korea nampaknya membuat bisnis kosmetik semakin cerah. Beberapa tahun ke belakang sudah banyak produk kosemtik Korea yang masuk ke Indonesia dan mendapat sambutan yang sangat postif. Salah satunya Etude yang menjadi pionir masuknya kosmetik Korea ke pasar Indonesia. Etude sudah masuk pasar Indonesia sejak tahun 2000 dan melakukan rebranding pada tahun 2008.

Rebranding yang dilakukan pada tahun 2008 rupanya malah menambah manis bisnis kosmetik ini. Mengusung nama baru Etude House, brand ini melakukan perubahan konsep one stop service di gerainya. Perubahan ini dilakukan karena Etude ingin berada sedekat mungkin dengan para customernya. Konsep one stop service ini merupakan sebuah sistem pelayanan menyeluruh mulai dari jasa konsultasi, make over hingga pada pembelian produk.

20131017_121814(2)

“Peremajaan gerai pun kami lakukan untuk menunjang perubahan ini. Kami mengubah desain toko menjadi lebih mewah tapi tetap dengan ciri khas warna pink,” jelas Melia Erlina, GM Etude House Indonesia di tengah peluncuran produk baru Precious Mineral Any Cushion.

Peluncuran produk terbaru Precious Mineral Any Cushion menandakan eksistensi Etude House di Indonesia selama lima tahun. Produk terbaru ini mendapatkan respon yang sangat baik di negara asalnya Korea. Diharapkan produk ini juga akan mendapatkan respon yang postif di Indonesia.

Dalam acara peluncuran ini Etude House juga membeberkan rencana ekspansi ke beberapa kota besar di Indonesia. Saat ini Etude House sudah memiliki 32 gerai yang tersebar di Indonesia. Gerai kosmetik ini juga sudah bisa ditemui di kota besar di luar pulau Jawa seperti Medan, Palembang, Manado, dan Kalimantan.

“Rencananya kami akan memperbesar ekspansi dengan menambah 40 outket hingga tahun 2018. Selain itu kami juga melakukan perluasan gerai dan counter yang akan mulai masuk ke beberapa kota besar-besar dan berkembang seperti Yogyakarta, Riau, Jambi, Malang, Aceh, dan Samarinda,” terang Melia Erlina.

Melia juga menyampaikan permintaan dari customer yang berada di luar pulau Jawa juga sangat tinggi sehingga Etude House melakukan ekspansi ke kota-kota di luar pulau Jawa. Ia juga berharap dengan penambhan gerai dan ekspansi yang dilakukan akan memudahkan customer untuk mendapatkan produk-produk Etude. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved