Marketing Editor's Choice Strategy

Hangatnya Pasar Obat Masuk Angin

Hangatnya Pasar Obat Masuk Angin

Tidak benar masuk angin itu sakit biasa yang bisa diabaikan. Buktinya, makin banyak orang mengonsumsi obat penangkalnya. Bahkan, diperkirakan nilai pasar obat masuk angin mencapai lebih dari Rp 2,5 triliun, meningkat sekitar 15% setiap tahun.

Mulyo Rahardjo, Managing Director PT Deltomed Laboratories, berpose dengan produk di kantor Tren Edisi18 2015

Mulyo Rahardjo, Managing Director PT Deltomed Laboratories,

Ada puluhan pemain turut menikmati hangatnya pasar obat masuk angin ini. Di antaranya, Tolak Angin dari PT Sido Muncul Tbk. dan Antangin dari PT Deltomed Laboratories yang telah lama bertempur di pasar. Kemudian hadir Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin dari PT Bintang Toedjoe. Sebelumnya, produk ini bernama Bintangin, tetapi dirasa kurang nendang, akhirnya menggunakan nama besar Bintang Toedjoe agar direspons pasar. Belakangan muncul produk baru yang juga sudah memiliki nama besar, yaitu Antimo Herbal dari PT Phapros Tbk. Pemain lain yang sudah memasarkan obat herbal masuk angin ini, PT Jamu Jago melalui merek Buyung Upik Masuk Angin (BUMA).

Yang menarik, obat antimasuk angin ini umumnya menawarkan konsep herbal. Hal ini sejalan dengan makin tingginya kesadaran menjaga hidup yang lebih sehat. “Tren herbal makin tumbuh, terutama di Indonesia, di mana masyarakat mulai peduli terhadap hal yang bersifat back to nature,” ungkap Fanny Kurniati dari Unit Bisnis Strategis PT Bintang Toedjoe. Konsumen ketika masuk angin cenderung mengonsumsi produk, terutama obat, herbal karena dipersepsi lebih sehat sehingga Bintang Toedjoe melihat adanya kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap obat herbal untuk masuk angin dalam format praktis. Itu sebabnya, anak perusahaan PT Kable Farma Tbk. ini sekarang sedang gencar-gencarnya mempromosikan Bejo Bintang Toedjoe dengan duta mereknya penyanyi dangdut Cita Citata.

Karena itulah, prospek obat herbal masuk angin makin cerah. Menurut Fanny, jika dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 240 juta, misalnya 33% masuk angin dan 50% dari orang yang terkena masuk angin tersebut mengonsumsi obat herbal masuk angin, bisa dikatakan potensi pasar masuk angin adalah sekitar 40 juta orang. Itu sebabnya, “Pertumbuhan pasar obat masuk angin ini masih menjanjikan dengan growth double digit. Rata-rata growth 15% per tahun,” ujarnya memperkirakan. Pertumbuhan Bejo Bintang Toedjoe pun ditargetkan bisa lebih dari pertumbuhan industrinya. “Jika melihat pertumbuhan industrinya 15%, semestinya target pertumbuhan Bejo Bintang Toedjoe melebihi itu,” ujarnya tanpa menyebutkan angka pastinya.

Mulyo Rahardjo , Direktur Pengelola Deltomed, mengatakan bahwa Antangin selalu tumbuh di atas industrinya, yaitu 15%-20% . “Pasar obat masuk angin secara nasional mencapai Rp 2,5 triliun,” katanya memperkirakan. Deltomed menjajakan obat masuk angin sejak 1981. Waktu itu masih dalam bentuk bubuk yang bernama Antingin. Kemudian pada 1988/89 karena regulasi pemerintah tidak membolehkan penggunaan bahasa Inggris, yaitu anti, sehingga berganti nama menjadi Antangin. “Pada tahun itu, Antangin muncul dalam bentuk tablet. Kemudian, masuk ke cair pada tahun 2000 sehingga terlihat lebih modern,” ujarnya.

Dalam perkembangannya, hanya ada dua obat masuk angin herbal yang bertarung sengit, yaitu Tolak Angin dan Antangin. Hal ini sejalan dengan kondisi masyarakat yang sudah mulai menyukai dan kemudian terbiasa minum jamu masuk angin. Nah, semakin lama pasarnya semakin ramai dan tentunya lumrah dalam bisnis mulai bermunculan pemain baru yang ikut masuk untuk mencoba keberuntungan. “Beberapa produk baru sudah masuk dan rasanya persaingannya itu semakin ke sini semakin ramai dan pasar semakin membesar,” kata Mulyo.

Dalam menggarap pasar, pihaknya harus betul-betul mengetahui kebutuhan/keinginan konsumen tentang obat herbal/jamu masuk angin. “Jangan produksi, kemudian kita jejelin ke mereka suka atau tidak suka. Sekarang tidak bisa begitu. Strategi kami sekarang lebih dekat ke konsumen, mereka sukanya apa? Anak muda, orang tua, dan anak-anak sukanya seperti apa, taste yang dimau seperti apa,” ujarnya. Deltomed pun memiliki berbagai varian Antangin, ada Antangin JRG untuk orang dewasa, Antangin Junior untuk anak-anak, dan Antangin Fit sebagai vitamin untuk mencegah masuk angin.

Untuk strategi pemasarannya, Deltomed memegang prinsip rumus pemasaran 4P, yaitu Product, Price (harga), Promotion, dan Place (distribusi). Khusus untuk distribusi, Deltomed memiliki perusahaan distribusi sendiri bernama Mulia Putra Mandiri (MPM) yang memiliki 70 cabang. “Karyawan MPM sebanyak 600-500 orang, sedangkan karyawan Deltomed ada 1.000 orang,” ujarnya.

Satu lagi pemain besar obat masuk angin, yaitu Tolak Angin. “Tolak Angin merupakan produk Sido Muncul yang pertama dan keluar pada 1940 dalam bentuk cair,” ujar Irwan hidayat, Direktur Utama Sido Muncul. Produk ini pun tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, tetapi sudah sampai ke luar negeri. Terlebih saat ini menjelang era Masyarakat Ekonomi ASEAN, Sido Muncul juga akan makin gencar menggarap pasar ASEAN. Perusahaan ini pun sudah membuat iklan dengan menggandeng petinju dunia Manny Pacquiao atau Pacman. “Kami pakai Pacquiao itu buat masuk ke ASEAN. Nanti tanggal 1 Januari 2016 kan semua produk Indonesia akan menjadi produk global,” ujar Irwan.

Produk Tolak Angin pun semakin beragam. Seperti saat ini sudah hadir beberapa produk baru, antara lain Tolak Angin Care Aromatherapy dan Tolak Angin Bebas Gula. Bicara soal kinerja Tolak Angin, Irwan mengaku tidak ingat angkanya. “Saya tidak terlalu hafal. Pokoknya, semester lalu dibandingkan semester sekarang penjualan Sido Muncul (secara keseluruhan) naik 2,2%. Saya juga udah seneng-lah soalnya yang lain banyak yang turun,” ungkapnya.(*)

Riset: Siti Sumariyati


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved