Marketing

HPM Targetkan Penjualan 210 Ribu Mobil Honda

HPM Targetkan Penjualan 210 Ribu Mobil Honda

Tahun 2016 pasar otomotif Indonesia secara keseluruhan tumbuh 4,8% dengan total penjualan 1,06 juta unit mobil terjual. Adapun pasar mobil penumpang naik 18% dari 711.731 unit menjadi 841.301 unit, namun pasar komersial turun 27% dari 301.650 unit menjadi 221.107 unit. Komposisi penjualan market otomotif Indonesia di dominasi SUV yang tumbuh 48%, kemudian city car + LCGC tumbuh 29%, hatchback 12%, dan MPV 6%, sementara sedan mengalami penurunan 16%.

Tomoki Uchida, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor dan Jonfis Fandy, Direktur Marketing & After Sales Service PT HPM dalam acara Honda New Year Media Gathering 2017.

Sementara PT Honda Prospect Motor (HPM) mencapai penjualan tertinggi yaitu 199.364 unit, naik 25% dari 159.253 di tahun 2015. Pangsa pasar di akhir tahun 2016 yang diraih Honda juga meningkat, yaitu dari 16% di tahun 2015 menjadi 19% di akhir tahun lalu. Sementara di segmen mobil penumpang (passenger) Honda meraih pangsa pasar hingga 24%. Jumlah pangsa pasar baik secara total maupun passenger market tersebut juga merupakan rekor tertinggi yang dicapai Honda selama ini.

Kontributor terbesar untuk penjualan Honda di lndonesia pada tahun 2016 datang dari New Honda Mobilio yang mencatat penjualan total sebesar 39.482 unit. Selanjutnya, Honda BR-V membukukan penjualan total tahunan sebesar 38.666 unit, New Honda Brio Satya dengan total 36.470 unit, Honda HR-V 1.5L sebesar 36.281 unit, Honda Jazz sebesar 18.110 unit, Honda Brio RS sebesar 10.026 unit, Honda HR-V1.8L sebanyak 8.050 unit dan New Honda CR-V sebesar 7.853 unit.

Dari segmen sedan, All New Honda Civic mencatat penjualan total sebesar 1.681 uni di sepanjang tahun 2016, All New Honda City sebesar 1213 unit, New Honda Accord sebesar 541 unit, dan New Honda CR-Z sebesar 135 unit. Kemudian, Honda Freed membukukan penjualan sebesar 617 unit dan All New Odyssey membukukan penjualan tahunan sebesar 239 unit.

Menurut Jonfis Fandy, Direktur Marketing & After Sales Service HPM, diperkirakan pasar otomotif Indonesia akan ada peningkatan 10% dari total 1,069 juta unit mobil yang terjual pada 2016 menjadi 1.180 juta unit mobil terjual pada tahun 2017.

“Dengan proyeksi ekonomi yang cukup kondusif di tahun 2017 ini, Honda juga optimistis untuk dapat kembali meningkatkan penjualan seiring dengan pertumbuhan di pasar otomotif lndonesia. Dengan dukungan berbagai produk dan layanan yang akan kami luncurkan, serta didukung pengembangan jaringan dealer, Honda menargetkan penjualan 210.000 unit untuk tahun 2017 ini, atau tumbuh 10%,” ujar Jonfis.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved